Survei: Sandiaga Uno Calon Presiden Terkuat pada Pilpres 2024

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Survei: Sandiaga Uno Calon Presiden Terkuat pada Pilpres 2024
Sandiaga Uno saat peresmian Rumah Galeri OK OCE Ina Makmur Surabaya, Sabtu (1/2/2020). (Suara.com/Arry Saputra).

"Elektabilitas Sandiaga Uno sebagai presiden sebesar 29,2 persen. Sedangkan Anies Baswedan meraih 27,3 persen dan Ganjar Pranowo 21,9 persen," demikian hasil survei.

Suara.com - Hasil survei Lembaga Charta Politika menempatkan Sandiaga Uno sebagai kandidat presiden terkuat pilihan rakyat.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut diyakini mampu memberikan harapan baru bagi negara ke depan.

Tak tanggung-tanggung, sosok Sandiaga disejajarkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga dianggap layak menjadi Presiden RI ke depan.

"Elektabilitas Sandiaga Uno sebagai presiden sebesar 29,2 persen. Sedangkan Anies Baswedan meraih 27,3 persen dan Ganjar Pranowo 21,9 persen," demikian hasil survei tersebut, seperti dikutip Suara.com, Selasa (30/3/2020).

Sandiaga juga dipercaya sebagai tokoh yang mampu menyejahterakan rakyat karena dianggap bisa membuka banyak lapangan pekerjaan, sesuai latar belakanganya sebagai pebisnis.

"Sebanyak 23,2 persen responden mengganggap Sandiaga bisa menuntaskan pengangguran. Disusul nama Prabowo Subianto yang mendapat kepercayaan 11,8 persen dan Anies Baswedan sebesar 11,4 persen," tambahnya.

Tak cukup sampai di situ, Sandiaga juga mendapat dukungan sebagai pemimpin yang mampu menurunkan harga bahan pokok dengan mendapat dukungan 13,2 persen.

Ia mengungguli sejumlah nama lain seperti: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini.

Hasil survei pun menempatkan Sandiaga sebagai tokoh yang mewakili generasi muda, bahkan mendominasi dukungan dari para responden.

"Sandiaga dinilai mampu menjadi wakil generasi muda dengan perolehan suara 27,5 persen. Sementara Ridwan Kamil mendapat dukungan 13 persen dan Anies Baswedan 9,8 persen," imbuh survei tersebut.

Survei mengenai elektabilitas Sandi sebagai Presiden RI dilaksanakan pada 20-27 Februari 2020. Survei melibatkan 1.200 responden dari seluruh Indonesia dengan metode wawancara tatap muka dan margin eror 2,83 persen.

Survei IPO: Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Tinggi untuk Pilpres 2024

Lembaga Riset Indonesia Political Opinion (IPO) membuat hasil survei tokoh -tokoh politik muda untuk maju dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024.

Dalam survei IPO tersebut Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno indeks persepsi publik mencapai 88,1 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan indeks persepsi 84,6 persen, turut disusul Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan indeks persepsi 47,3 persen.

"Jadi, tahun 2024 ada dominan persepsi publik bahwa tokoh baru harus muncul agar permasalahan saat ini tersolusikan," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam diskusi bertajuk 'Regenerasi Elite Politik Indonesia Masa Depan' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/3)

Adapula tokoh politik yang turut masih memiliki elektabilitas tinggi adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan indeks persepsi 92,6 persen. Selanjutnya, Menkopolhukam Mahfud MD 55 persen dan politikus PKS Hidayat Nur Wahid.

Menurut Dedi, alasan Prabowo memiliki elektabilitas tinggi karena pernah terpilih sebagai menteri paling dipercaya dalam hasil survei publik.

"Prabowo menteri paling dipercaya publik. Semeningkat apapun peningkatan suara Prabowo," tutup Dedi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS