Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Video Supercar Ugal-ugalan Ini Wakajagung Arminsyah?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Video Supercar Ugal-ugalan Ini Wakajagung Arminsyah?
Video yang diduga sebagai mobil Arminsyah sebelum kecelakaan. (Grup WhatsApp)

Supercar putih itu terekam sedang melaju kencang di jalan tol.

Suara.com - Beredar di grup-grup WhatsApp mengenai video yang diduga merupakan mobil Wakil Jaksa Agung Arminsyah sebelum terjadi kecelakaan di Tol Jagorawi yang menewaskannya.

Video tersebut merekam sebuah supercar berwarna putih yang melaju kencang di jalan tol.

Video yang diduga sebagai mobil Arminsyah sebelum kecelakaan. (Grup WhatsApp)
Video yang diduga sebagai mobil Arminsyah sebelum kecelakaan. (Grup WhatsApp)

Narasi video tersebut menyebutkan bahwa rekaman itu menunjukkan mobil Wakil Jaksa Agung Arminsyah yang tengah ugal-ugalan.

Benarkah, mobil dalam rekaman video tersebut adalah mobil yang dikendarai Arminsyah?

Penjelasan

Dari penelusuran Suara.com, Minggu (5/4/2020), mobil dalam rekaman video tersebut bukan lah supercar yang dikendarai oleh Arminsyah.

Video tersebut merupakan potongan vlog dari sebuah channel carvlog milik 2 Bros 1 Car yang telah diunggah pada 10 September 2018 lalu.

Vlog tersebut merekam kegiatan rombongan supercar bersama McLaren Club yang sedang dalam perjalanan menuju Sentul.

Cuplikan video vlog YouTube 2Bros 1 Car. (YouTube/2Bros 1Car)
Cuplikan video vlog YouTube 2Bros 1 Car. (YouTube/2Bros 1Car)

Sementara, mobil yang dikendarai Arminsyah diketahui berjenis Nissan GT-R berwarna putih.

Wakil Jaksa Agung Arminsyah tewas kecelakaan di Tol Jagorawi, tepatnya di KM 13 Cibubur arah Jakarta. Wakil Jaksa Agung tewas kecelakaan, Sabtu (4/4/2020).

Dia tewas bersama satu orang yang luka berat. Peristiwa itu dilaporkan terjadi pukul 14.40 WIB, saat mobil jenis Nissan GT-R berwarna putih yang dikendarai korban terbakar di lajur cepat KM13 Cibubur arah Jakarta.

"Kecelakaan tunggal terjadi di KM13+000 Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta pukul 14.26 WIB," kata Marketing and Communication Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu malam.

Kesimpulan

Video yang disebut sebagai rekaman ugal-ugalan Wakil Jaksa Agung Arminsyah merupakan hoax. Video tersebut dimanipulasi dengan cara menukil cuplikan video lama lalu diciptakan untuk memnyebarkan informasi yang salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS