Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh Cover Majalah Tempo 'Dalam Bayang-Bayang Luhut', Benarkah?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Heboh Cover Majalah Tempo 'Dalam Bayang-Bayang Luhut', Benarkah?
Heboh cover majalah Tempo berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Luhut' (ist)

Benarkah keaslian cover majalah tersebut?

Suara.com - Beredar di media sosial cover Majalah Tempo dengan judul 'Dalam Bayang-Bayang Luhut'. Cover tersebut viral di media sosial dan menjadi sorotan publik.

Dalam cover tersebut menampilkan ilustrasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang bercermin di dalam drum berisi air. Dari permukaan air tersebut menampilkan bayangan wajah Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Di bagian atas cover, tertulis edisi majalan 01 yang terbit pada 7 April 2020. Selain itu, dalam cover juga tertulis majalah tempo melakukan investigasi khusus dari daerah zona merah virus corona baru Covid-19.

Benarkah cover majalah Tempo tersebut?

Heboh cover majalah Tempo berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Luhut' (ist)
Heboh cover majalah Tempo berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Luhut' (ist)

Penjelasan

Dari hasil penelusuran Tim CekFakta Suara.com, Minggu (5/4/2020), cover majalah Tempo berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Luhut' tidak benar. Majalah Tempo tidak pernah melakukan investigasi mengenai hal itu.

Cover majalah yang beredar di media sosial tersebut merupakan cover hasil manipulasi dari laporan majalah Tempo terdahulu edisi November 2014 berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Paloh'.

Hal itu juga telah dikonfirmasi oleh redaksi majalah Tempo melalui akun Twitter resminya @tempodotco. Pihak redaksi menjelaskan bahwa cover majalah tersebut merupakan hoaks dan dimanipulasi oleh oknum tidak bertanggungjawab.

"Gambar cover itu hoaks dan dimanipulasi dari laporan utama berjudul 'Da;am Bayang-Bayang Paloh' yang dimuat di edisi November 2014," tulisnya.

Klarifikasi redaksi Tempo soal cover majalah yang viral (Twitter/tempodotco)
Klarifikasi redaksi Tempo soal cover majalah yang viral (Twitter/tempodotco)

Dalam cover majalah yang asli, tampak Jokowi sedang bercermin di dalam drum berisi air. Dalam drum tersebut terlihat wajah Ketum Nasdem Surya Paloh sedang tersenyum dan melambaikan tangan ke arah Jokowi.

Tulisan di bagian atas cover juga dimanipulasi. Dalam cover asli tertulis 'Laporan khusus 9 daerah ramah investasi'. Selain itu, tertulis tanggal rilis majalah yakni 24-30 November 2014.

Redaksi Tempo menjelaskan, dalam majalah edisi November 2014, Tempo melaporkan penunjukan Jaksa Agung HM Prasetyo yang notabene merupakan seorang politisi Nasdem. Penunjukan HM Prasetyo diduga titipan dari Surya Paloh.

Dalam investigasinya, Tempo juga mengungkap adanya lobi yang dilakukan oleh Surya Paloh dengan memperkenalkan pengusaha asal China bernama Sam Pa kepda Jokowi. Pengusaha itu mewakili perusahaan minyak asal Angola, China Sonangol yang merupakan mitra bisnis Surya Paloh.

Kesimpulan

Cover majalah Tempo berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Luhut' merupakan gambar bohong atau hoaks. Cover majalah asli Tempo berjudul 'Dalam Bayang-Bayang Paloh' telah dimanipulasi oleh oknum tertentu dan disebarluaskan di media sosial.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS