Selain di Tanah Air, Konglomerat Indonesia Ini Juga Berdonasi ke Singapura

Dany Garjito | Farah Nabilla
Selain di Tanah Air, Konglomerat Indonesia Ini Juga Berdonasi ke Singapura
Bos Mayapada Group, Dato Sri Tahir di kompleks kantor Bank Indonesia Jakarta, Senin (15/10/018). (Achmad Fauzi)

"Tapi ini bukan waktu di mana kamu menghitung berapa banyak uang yang kamu sumbangkan," kata Tahir.

Suara.com - Konglomerat Indonesia Dato Sri Tahir berdonasi sebanyak 500.000 Dolar Singapura atau sekitar 5,7 miliar Rupiah ke Singapura untuk membantu mengatasi krisis covid-19 di negeri singa tersebut.

Diberitakan Straits Times, bantuan tersebut diberikan kepada Grup Media China dari Singapore Press Holdings yang bekerja sama dengan dewan pengembangan masyarakat setempat untuk mengidentifikasi siapa saja yang berhak menerima bantuan.

Dato Sri Tahir merupakan salah satu dari orang terkaya Indonesia yang bertempat tinggal di Singapura.

Ia adalah pendiri Grup Mayapada yang bergerak di bidang layanan keuangan, kesehatan, dan properti.

Dalam wawancaranya kepada Straits Times melalui aplikasi Zoom pada Senin (6/4/2020), ia mengaku tergerak untuk berdonasi karena kabar di media.

"Koran adalah makanan yang paling penting yang telah menginspirasi saya. Di Singapura, kelompok yang lebih lemah sedang memerlukan bantuan. Dan saya pikir, karena saya baik-baik saja, mengapa tidak menggunakan kesempatan ini untuk berkontribusi sendiri?" jawab Tahir.

Ia juga mengakui kinerja pemerintah Singapura yang telah melakukan hal yang tepat untuk menangani krisis covid-19.

"Pemerintah Singapura telah melakukan dengan baik, dan melakukan banyak hal. Tetapi saya memiliki pengamatan yang aneh - saya tidak melihat pengusaha atau taipan Singapura yang merespons, setidaknya belum. Jadi saya harap bantuan kecil ini akan mendorong mereka untuk turut berpartisipasi juga," jelas Tahir.

53 Miliar untuk Indonesia

Sebelum membantu Singapura, konglomerat ini telah membantu berdonasi di China dan Indonesia.

Di Indonesia, ia telah membantu para pengemudi angkutan taksi dan tempat ibadah seperti masjid dengan bantuan awal sebesar 3,2 juta Dolar Amerika atau sekitar 53 miliar Rupiah. 

"Pagi ini, saya juga memberi tahu putri saya, di semua gedung kami di Jakarta, kami akan menawarkan 1000 kotak makanan gratis setiap hari dari hari Senin hingga Jumat selama tiga bulan. Siapa pun dapat mengambilnya. Kami juga membantu bisnis kepada usaha mikro juga sebagai penyedia makanan," kata Tahir.

Tahir mengingatkan, bantuan ini bukan untuk dihitung melainkan untuk saling membantu di tengah wabah corona yang melanda.

"Tapi ini bukan waktu di mana kamu menghitung berapa banyak uang yang kamu sumbangkan. Pertarungan dengan virus corona seperti perang dunia lain. Kamu bertarung, tetapi kamu tidak bisa melihat di mana musuh berada. Ini saatnya bagi kita untuk memberi kembali, meskipun itu hanya sedikit," tukas Tahir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS