Pilih Pulang Mandiri, Puluhan Ribu Pekerja Migran Indonesia Sudah Tiba

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Pilih Pulang Mandiri, Puluhan Ribu Pekerja Migran Indonesia Sudah Tiba
Ilustrasi pekerja migran. [ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid]

TNI Angkatan Laut sebenarnya sudah menyiapkan kapal untuk menjemput para pekerja migran Indonesia dari Malaysia.

Suara.com - Puluhan ribu pekerja migran asal Indonesia diketahui sudah masuk ke tanah air dan kembali ke kampung halamannya masing-masing. Mereka memilih untuk pulang secara mandiri, padahal pemerintah sudah menyiapkan kapal untuk melakukan penjemputan di Batam.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan hingga saat ini total pekerja migran Indonesia yang sudah tiba di tanah air berjumlah 37.222 orang dengan berbagai tujuan.

Bukan hanya dari Malaysia, ia menyebut pekerja migran Indonesia yang sudah tiba itu juga berasal dari Singapura.

"Sampai saat ini sudah mencapai 37.222 orang dengan berbagai tujuan," kata Yudo saat dihubungi wartawan, Senin (6/4/2020).

Diketahui, TNI Angkatan Laut sebenarnya sudah menyiapkan kapal untuk menjemput para pekerja migran Indonesia dari Malaysia. Kapal AL itu sudah disiapkan di Batam, Kepulauan Riau sejak sepekan lalu. Namun PMI justru sudah terlebih dahulu pulang secara mandiri.

"Masalahnya mereka sudah pada pulang ke daerahnya masing-masing," tuturnya.

Sebelumnya, Yudo Margono mengatakan, pihaknya telah menyiagakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Batam, Kepulauan Riau. Hal tersebut sebagai antisipasi untuk menjemput para pekerja migran yang terdampak dari kebijakan lockdown otoritas Malaysia.

"Kogabwilhan I dengan Angkatan Laut akan menggerakan KRI-KRI, yang saat ini KRI yang sudah standby di Batam," kata Yudo dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB, Jumat (3/4/2020).

Yudo mengatakan, banyak pekerja migran di Malaysia yang hendak kembali ke Tanah Air. Dia mengklaim, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi terkait penjemputan tersebut.

"Bahwasanya kemarin banyak migran dari Malaysia yang akan kembali ke Indonesia. Kogabwilhan 1 juga sudah mengkoordinir untuk pelaksanaan pemulangan," kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS