Tenaga Medis Berguguran karena Corona, Insan Sepak Bola Sumbang APD

Syaiful Rachman
Tenaga Medis Berguguran karena Corona, Insan Sepak Bola Sumbang APD
Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengenakan pakaian pelindung khusus saat menangani pasien yang diduga terkena virus Corona di ruang isolasi gedung Mawar Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Indonesia saat ini masih minim perlengkapan bagi tenaga medis dalam memerangi virus corona.

Suara.com - Pandemi virus corona di Indonesia hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Bahkan jumlah korban terus bertambah.

Senin (6/4/2020), tercatat sebanyak 2.491 orang terinfeksi. 192 orang dinyatakan sembuh, sementara jumlah korban meninggal sudah mencapai angka 209.

Dari 209 korban jiwa, 18 di antaranya merupakan tenaga medis, dalam hal ini dokter, yang berjuang di garda terdepan dalam perang menghadapi virus corona COVID-19.

Berbagai faktor menjadi penyebab tertularnya para dokter dari pasien. Salah satunya karena minimnya perlengkapan yang sedianya bisa melindungi para 'pejuang' tersebut.

[Twitter/IDI]
[Twitter/IDI]

Melihat situasi tersebut, insan sepak bola di Tanah Air tidak tinggal diam. Dukungan diberikan dengan menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD) dan juga obat-obatan.

Pelatih tim nasional Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae Yong menyumbangkan APD ke rumah sakit Pelni, Jakarta.

Para pesepak bola yang tergabung dalam APPI (Asosiasi Pesepakbila Profesional Indonesia) dan juga dengan Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) juga ambil bagian dalam membantu para tenaga medis.

Lalu ada Mills, sebagai apparel resmi kebutuhan perlengkapan untuk federasi dan tim nasional, baru-baru ini melakukan kampanye, dengan menyubang sebanyak 1000 Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis yang sudah berada di barisan terdepan dalam menangani pandemi virus Covid-19 di Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tim medis untuk membantu mereka melawan penyakit Covid-19 di RS PELNI, Jakarta, Jumat (3/4/2020). [Antara/PSSI]
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tim medis untuk membantu mereka melawan penyakit Covid-19 di RS PELNI, Jakarta, Jumat (3/4/2020). [Antara/PSSI]

Sejatinya, pada bulan April akan ada perkenalan dengan jersey tim nasional Indonesia yang terbaru, kerjasama antara PSSI dan Mills. Namun mengingat kondisi seperti Indonesia ini, acara tersebut terpaksa ditunda.

“Sedianya kami akan melakukan launching Jersey Tim Nasional Indonesia hari ini. Namun dengan kondisi pandemi virus corona yang sedang melanda saat ini rasanya kurang elok jika hal tersebut dilakukan, dan dengan sangat terpaksa harus ditunda,” begitu isi pernyataan Mills di akun media sosialnya.

“Mengingat banyak para tenaga medis yang sedang berjuang untuk negara melawan pandemi virus corona. Kami sebagai penyedia 'baju perang' untuk tim nasional Indonesia, saat ini kami memilih untuk terlebih dahulu fokus membantu menyediakan 'baju perang' untuk para tenaga medis.”

“Alat Pelindung Diri saat ini lebih dibutuhkan, dan MILLS berkomitmen untuk menyumbangkan 1.000 buah APD untuk tenaga medis yang berjuang melawan virus corona. Karena kemanusiaan di atas segalanya. Semoga apa yang kami lakukan bisa membantu tenaga medis berjuang dan negara Indonesia bisa segera melewati masa pandemi ini,” demikian isi pernyataan Mills seperti dikutip laman resmi PSSI.

Selain menyumbang APD, para pemain dan pelatih sepak bola lainnya juga ada yang menyumbangkan jersey dari tim nasional dan klub yang pernah dipakainya untuk dilelang agar dapat membantu mereka yang terkena virus dan para tenaga medis.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS