Jokowi Akan Bagi-bagi Sembako Senilai Rp 600 Ribu ke Warga di Jabodetabek

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Akan Bagi-bagi Sembako Senilai Rp 600 Ribu ke Warga di Jabodetabek
Presiden Joko Widodo membagikan sembako kepada warga di beberapa tempat di Kota Seorang, Banten, Kamis (30/6/2016). [Setpres RI]

Sebelum bantuan dari Predsiden Jokowi diberikan ke masyarakat, Juliari menyebut Kemensos akan mendistribusikan 200 ribu paket sembako.

Suara.com - Pemerintah akan memberikan bantuan khusus (Bansos) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Penerima bantuan itu diutamakan untuk warga yang terdampak pandemi virus corona atau covid-19.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan bansos tersebut khusus dari Presisden Joko Widodo atau Jokowi senilai Rp 600 ribu per kepala keluarga.

"Akan ada bansos khusus dari presiden untuk Jabodetabek yaitu paket sembako dengan nilai Rp 600 ribu per keluarga. Durasi 3 bulan, dan akan dimulai untuk bulan ini," ujar Juliari usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Selasa (7/4/2020).

Juliari menuturkan data yang digunakan Kemensos untuk memberikan bansos berasal dari data kementerian yang ia pimpi kemudian berdasarkan saran dari pemerintah daerah.

"Data yang kami gunakan adalah keluarga yang ada dalam data terpadu kami, ditambah masukan data-data dari pemda. Saat ini kami sudah memegang data masukan dari Pemda DKI, baru kemarin kami terima," ucap dia.

Juliari menyebut para penerima bansos dari Presiden yakni seluruh keluarga yang terdaftar dalam data terpadu. Atau mereka yang belum menerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), atau kartu prakerja.

"Nanti kami minta tambahan data-data dari pemda tersebut yang sekarang ini atau saat ini tidak terima bansos seperti PKH, BPNT, atau kartu prakerja. Rencana kami akan mulai secepatnya. Kita ingin bulan ini. Tapi karena diputuskan hari ini kami perlu untuk melakukan koordinasi-koordinasi lebih dulu," kata Juliari.

Sebelum bantuan dari Predsiden Jokowi diberikan ke masyarakat, Juliari menyebut Kemensos akan mendistribusikan 200 ribu paket sembako dengan kisaran per sembako sekitar Rp 200 ribu.

"Jadi paket sembako ini bansos khusus ini untuk menunggu kekosongan sampai dengan bansos yang dari presiden. Untuk wilayah Jabodetabek tadi saya sampaikan di awal yang durasinya 3 bulan dan indeksnya Rp 600 ribu per keluarga," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah tengah menyiapkan program bantuan sosial khusus untuk masyarakat wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Bantuan sosial itu akan diberikan kepada 3,7 juta kepala keluarga lapisan bawah di wilayah tersebut.

"Khusus Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi kita sedang menyiapkan bantuan sosial khusus untuk 3,7 juta berbasis keluarga," ujar Jokowi Dalam Rapat Terbatas tentang Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial melalui Video Conference di Istana Bogor, Selasa (7/4/2020).

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan nantinya Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan bansos kepada 1,1 juta berbasis keluarga.

Sementara pemerintah pusat akan menyiapkan bansos kepada 2,6 juta berbasis keluarga.

"1,1 juta nanti disiapkan Pemprov DKI Jakarta dan 2,6 juta disiapkan oleh pemerintah pusat selama 2 bulan sesuai dengan masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh satgas COVID-19," ucap dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS