Bingung Menganggur Karena Corona? Ternak Lele Bisa Menjadi Jawabannya

Reza Gunadha | Farah Nabilla
Bingung Menganggur Karena Corona? Ternak Lele Bisa Menjadi Jawabannya
Beternak lele di usia muda. (Twitter/@dpasaribu00)

Daripada berebut Kartu Pra Kerja, lebih baik beternak lele saja.

Suara.com - Krisis corona sedikit banyak mengguncang kondisi perekonomian kita. Namun, ada satu solusi yang bisa membantu menghidupkan finansial kita. Ternak lele bisa menjadi jawabannya.

Ternak lele mungkin terkesan remeh untuk dijadikan sebagai cita-cita kaum urban. Tapi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan jika ditekuni. 

Menurut Donny Pasaribu, CEO Simbiofish, sebuah aplikasi untuk membantu masyarakat beternak lele, permintaan lele lebih tinggi dibandingkan dengan ayam. Ini bisa menjadi faktor penting untuk membaca pasar bisnis ternak lele.

"Permintaan lele dan harga lele relatif stabil, dibandingkan ayam misalnya. Sampai saat sekarang pun permintaan tetap tinggi," jelas Donny seperti yang dikutip Suara.com, Rabu (22/4/2020).

Baca Juga: KPK Tegaskan Tak Berikan Fasilitas Berlebihan Kepada Tahanan Selama di Sel

Donny pun membuat aplikasi Simbiofish untuk membantu para calon atau petani ternak lele agar bisa memasarkan hasil bertaninya.

Aplikasi ternak lele Simbiofish. (Instagram/donnypasaribu_)
Aplikasi ternak lele Simbiofish. (Instagram/donnypasaribu_)

Jika dilihat di laman Simbiofish, aplikasi ini berguna bagi masyarakat urban di Jabodetabek misalnya, yang memiliki kendala beternak lele karena lahan yang sempit.

Ia pun menawarkan konsep urban farming melalui budidaya ikan lele. 

"Ikan lele adalah komoditas pertanian urban yang pertama kali akan kita kembangkan. Pertama karena relatif tahan terhadap berbagai keadaan lingkungan, cepat dibesarkan dan memiliki pasar yg besar di Indonesia," bunyi keterangan di laman Simbiofish.

Selain menyediakan informasi mengenai beternak lele dan cara memasarkannya, masyarakat juga bisa memmbeli peralatan yang diperlukan melalui aplikasi yang didirikan Donny Pasaribu dan Donni Ramadhani ini.

Baca Juga: Okan Cornelius Sudah Layangkan Gugatan Cerai terhadap May Lee

Donny mengaku bahwa aplikasi yang sudah dapat diunduh di PlayStore ini telah terhubung dengan para petani di seluruh Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS