Doa Sebelum Belajar dari Imam Abdullah al-Haddad Lengkap dengan Artinya

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Sebelum Belajar dari Imam Abdullah al-Haddad Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi belajar

Ini doa sebelum belajar.

Suara.com - Belajar merupakan salah satu perintah yang diwajibkan oleh Rasulullah terhadap seluruh umatnya. Sebelum memulainya, umat Muslim dianjurkan untuk doa sebelum belajar untuk mempermudah proses belajar.

Salah satu pentingnya niat sebelum belajar adalah untuk menjaga agar tujuan dan cita-cita kita dalam belajar selalu dalam koridor yang benar. Tak hanya itu, dengan niat maka aktivitas belajar yang kita lakukan akan terhitung sebagai ibadah.

Dalam Islam, belajar memiliki arti yang sangat pening. Bahkan seluruh manusia tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar.

Hal ini tertuang dalam Surat Al Mujadilah ayat 11, Allah menjanjikan kelapangan bagi orang-orang yang belajar. Bahkan Allah juga akan mengangkat derajat orang yang berilmu ke derajat tinggi.

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Mujadillah:11).

Berikut doa sebelum belajar dari Imam Abdullah al-Haddad berikut:

"Nawwaitu at-ta’alluma wat-ta’liima, wat-tadzakkura wat-tadzkiira, wan-naf’a wal-intifaa’a wal-istifaadata, wal-hatsa ‘ala at-tamassuki bi kitabillaahi wa sunnati rasuulihi, wad-du’aa ilal huda, wad-dalaalata alal khairi, ibtigha’a wajhillahi ta’ala wa mardlatihi wa qurbihi wa tsawaabihi."

Artinya: Saya niat belajar dan mengajar, mengingat dan mengingatkan (ilmu), memberi manfaat dan mencari manfaat, memberi keutamaan dan mencari keutamaan, menganjurkan berpegah teguh dengan kitab Allah (Al-Qur’an) dan sunah rasul-Nya, menyeru kepada petunjuk, menunjukkan kepada kebaikan, demi mengharap dapat berjumpa dengan Allah dan keridaan serta pahala-Nya.

Doa tersebut dapat dibaca sebelum berangkat ke sekolah, saat masuk ke dalam kelas atau saat memulai pelajaran.

Tulisan ini dikutip dari laman daring Islami.co "Doa Sebelum Belajar dari Imam al-Haddad" yang ditulis oleh Muhammad Fani.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS