Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Foto Bebas Naik Pesawat, 'Indonesia Terserah Lu Aja, Benarkah?

Dany Garjito | Rifan Aditya
CEK FAKTA: Foto Bebas Naik Pesawat, 'Indonesia Terserah Lu Aja, Benarkah?
CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini adalah penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id)

Benarkah foto dengan narasi "Naik Pesawat? Bebas" merupakan penumpang asal Indonesia?

Suara.com - Beredar informasi yang mengklaim penumpang pesawat asal Indonesia mengenakan masker dan pelindung wajah. Klaim itu dibuat oleh akun Twitter Bulan Kemenangan atau @pakaipeci.

Dalam postingannya, akun Twitter Bulan Kemenangan menunjukkan foto kabin pesawat yang penuh dengan penumpang. Mereka memakai masker dan pelindung wajah dari plastik.

Akun Twitter Bulan Kemenangan memberikan narasi sebagai berikut.

“Naik motor ga boleh boncengan
Naik mobil istri gak boleh disamping suami
Naik pesawat? Bebaaassss
INDONESIA terserah lu ajah.
Saatnya nakes #StayAtHome saja”

CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini adalah penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id)
CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini adalah penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id)

Cuitan itu diunggah pada Sabtu, 16 Mei 2020. Saat tangkapan layar diambil, postingan itu telah mendapat 1.900 likes dan 881 kali dibagikan.

Benarkah foto "Naik Pesawat Bebas" merupakan penumpang asal Indonesia?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Minggu (17/5/2020), klaim bahwa foto penumpang pesawat memakai pelindung wajah dan masker adalah foto penumpang pesawat Indonesia adalah klaim yang salah.

Foto penumpang pesawat yang diunggah oleh akun Twitter Bulan Kemenangan atau @pakaipeci bukanlah warga negara Indonesia.

Aslinya, gambar tersebut adalah foto ketika warga India dievakuasi dari Singapura pada 10 Mei 2020.

Menteri Penerbangan Sipil India Hardeep Singh Puri melalui akun Twitter resminya pada 10 Mei 2020 pernah mengunggah foto tersebut.

Penjelasan CEK FAKTA, foto asli merupakan evakuasi warga India dari Singapura (turnbackhoax.id)
Penjelasan CEK FAKTA, foto asli merupakan evakuasi warga India dari Singapura (turnbackhoax.id)

Dalam foto terlihat para penumpang dari Singapura tujuan Mumbai mengenakan masker untuk mencegah corona. Seakan masker tak cukup aman, para penumpang dilengkapi juga dengan pelindung wajah.

Beberapa penumpang bahkan menambahnya lagi dengan memakai goggles atau kacamata pengaman. Seorang diduga petugas terlihat berdiri di lorong kabin, memakai baju hazmat dan penutup rambut.

Penerbangan dari Singapura ke Mumbai berlangsung selama lebih dari 5 jam. Puri menyebut kejadian ini sebagai "new normal" atau kebiasaan baru dalam penerbangan.

"Waktunya sebuah perubahan! Bukan adegan dari film blockbuster sci-fi tapi ini gambar penumpang dengan pelindung wajah di penerbangan Singapura-Mumbai yang mendarat sebelumnya hari ini. Langkah pencegahan adalah new normal. Perubahan ini akan bertahan terus," kata Puri, disadur Suara.com.

Sejak pekan lalu, India telah mulai evakuasi ratusan ribu warganya dari seluruh dunia. Termasuk dari Singapura yang menjadi gelombang evakuasi pertama.

Berdasarkan standar prosedur operasi atau SOP pemulangan, Kementerian Kesehatan India mewajibkan seluruh penumpang pakai masker, sarung tangan, dan kalau bisa pelindung wajah selama penerbangan.

Dilansir The Indian Express, di bandara tujuan, mereka akan diterima di terminal khusus. Petugas kesehatan bandara bersiap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum penumpang melalui gerbang imigrasi.

Penumpang dengan gejala akan diisolasi dan dikirim ke tempat karantina dengan ambulans. Sementara penumpang lainnya harus menjalani karantina di hotel-hotel yang telah ditetapkan selama 14 hari.

Namun sebelum ke lokasi karantina, seluruh barang bawaan mereka akan disterilkan dengan disinfektan.

Kesimpulan

Jadi, unggahan akun Twitter Bulan Kemenangan atau @pakaipeci termasuk dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

False Context adalah ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Referensi

https://twitter.com/HardeepSPuri/status/1259484460342444034

https://indianexpress.com/article/cities/mumbai/india-evacuation-mumbai-singapore-london-uk-flights-6402738/

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS