Klarifikasi dan Informasi Resmi Gereja Katedral Akan Dibuka untuk Misa

RR Ukirsari Manggalani
Klarifikasi dan Informasi Resmi Gereja Katedral Akan Dibuka untuk Misa
Laman depan tayangan klarifikasi dan informasi resmi dari Gereja Katedral tentang penyelenggaraan misa bersama umat (6/6/2020) [screenshot YouTube Komsos Katedral].

PSBB masa transisi menyebutkan tempat peribadatan sudah dibuka kembali, namun Gereja Katedral Jakarta dipastikan belum buka. Berikut klarifikasi dan informasi resminya.

Suara.com - Usai Perayaan Ekaristi, Misa Hari Raya Tritunggal Mahakudus Tahun A pada Sabtu (6/6/2020) pukul 17.00 WIB, yang ditayangkan secara live streaming dari Gereja Katedral Jakarta dan bisa diikuti via kanal YouTube Komsos Katedral, Romo A. Hani Rudi SJ, Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral menyampaikan klarifikasi dan informasi sehubungan belum dibukanya Gereja Katedral Jakarta untuk misa umat.

Penampakan interior Gereja Katedral Jakarta yang benar-benar sepi dari umat, setiap kali misa ditayangkan secara live. Berikut adalah penampakan terbaru saat Perayaan Ekaristi sore tadi (6/6/2020) [screenshot YouTube Komsos Katedral].
Penampakan interior Gereja Katedral Jakarta yang benar-benar sepi tanpa kehadiran umat secara fisik, setiap kali misa ditayangkan secara live. Berikut adalah penampakan terbaru saat Perayaan Ekaristi sore tadi (6/6/2020) [screenshot YouTube Komsos Katedral].

Sebagai latar belakang, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam konferensi pers via kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, pada Kamis (4/6/2020) menyatakan, "Mulai besok (5 Juni 2020) kegiatan beribadah sudah bisa mulai dilakukan. Jadi masjid, musala, kemudian gereja, vihara, pura, kemudian kelenteng, semua sudah mulai bisa membuka, tapi hanya untuk kegiatan rutin. Mulainya besok, dan harus mengikuti prinsip-prinsip protokol kesehatan."

Meskipun telah diperkenankan untuk dibuka kembali, hingga saat ini Gereja Katedral Jakarta dipastikan belum dibuka. Berikut adalah pemaparan selengkapnya, yang disampaikan oleh Romo A. Hani Rudi SJ, Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral, sebagaimana bisa disimak dari kanal YouTube Komsos Katedral.

Romo A. Hani Rudi SJ, dalam tayangan Komsos Katedral tentang klarifikasi dan informasi resmi dari Gereja Katedral tentang penyelenggaraan misa bersama umat (6/6/2020) [screenshot YouTube Komsos Katedral].
Romo A. Hani Rudi SJ, dalam tayangan Komsos Katedral tentang klarifikasi dan informasi resmi dari Gereja Katedral tentang penyelenggaraan misa bersama umat (6/6/2020) [screenshot YouTube Komsos Katedral].

"Saudara-saudara yang terkasih, salam sehat. Berkaitan dengan beredarnya berita-berita yang mengabarkan bahwa Gereja Katedral Jakarta sudah dibuka untuk misa umat, perkenankan saya Romo A. Hani Rudi SJ, Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral menyampaikan klarifikasi dan informasi resmi," demikian pembuka dari Romo Hani.

Kemudian, disampaikannya klarifikasi dan keterangan resmi pihak Gereja Katedral Jakarta sebagai berikut:

I. Gereja Katedral Jakarta belum dibuka untuk umat dan belum ada kegiatan ibadah atau misa bersama umat dalam waktu dekat ini. Pada waktunya akan diberitahukan kapan mulai difungsikan kembali. Kita masih menunggu arahan teknis dan detail dari Keuskupan Agung Jakarta.

II. Kami memilih tidak buru-buru untuk menyelenggarakan misa bersama umat, karena kami ingin memastikan bahwa segala sesuatu siap sesuai protokol kesehatan. Misalnya semua prasarana pendukung memadai, seperti pengaturan kursi berjarak, penyediaan wastafel, alat deteksi suhu, dan seterusnya.

Kami juga ingin memastikan bahwa semua petugas yang akan melayani dipastikan bebas dari Covid-19, dengan menyelenggarakan rapid test. Maka kami mohon agar umat bersabar sambil mempersiapkan diri dengan membiasakan hal-hal dasar, yaitu cuci tangan dengan bersih, wajib memakai masker kalau keluar rumah dan menjaga jarak yang aman.

III. Sementara ini umat diharap tetap beribadah di rumah dengan mengikuti misa online atau live streaming, umat bisa memilih waktu yang cocok. Sabtu sore pukul 16.00 WIB. Minggu pagi pukul 11.00 WIB, dan Minggu sore pukul 17.00 WIB. Sedangkan misa harian, sore hari pukul 18.00 WIB.

Dengan penjelasan dari Romo A. Hani Rudi SJ, umat Katolik akan beribadah dalam ujud misa online atau live streaming, sampai pemberitahuan lebih lanjut. Teriring ucapan penutup yang disampaikan oleh Romo Hani, "Jaga jarak selalu bersih, jaga tangan, jaga hati. Banyak terima kasih, Tuhan memberkati."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS