Klaim Covid-19 Terkendali, Anies: Cuma Foto Viral yang Disorot Warga

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Klaim Covid-19 Terkendali, Anies: Cuma Foto Viral yang Disorot Warga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (bidikan layar Youtube/Indonesia Lawyers Club)

"Bila dianggap membahayakan, maka kita akan lakukan kembali ke PSBB semula."

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim wabah Covid-19 sudah terkendali di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Namun ia membenarkan masih ada pelanggaran protokol pencegahan Covid-19 yang terjadi.

Menurut Anies, pelanggaran yang terjadi tidak terlalu banyak. Berbagai kasus seperti kerumunan di beberapa lokasi yang tersebar di media sosial juga ia benarkan.

"Tentu kasus-kasus ada, di foto, di gambar ada itu, pelanggaran ini, pelanggaran itu, ada," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020).

Anies mengatakan kasus yang tersebar itu hanya sedikit dan menjadi ramai karena viral di berbagai media. Namun ia menyebut yang menjadi tolak ukur adalah penerapan PSBB oleh masyarakat keseluruhan, bukan hanya foto atau video pelanggaran yang viral.

"Tapi yang dipotret ini adalah 11 juta penduduk, bukan 1-2 kasus yang kemudian menarik perhatian," jelasnya.

Karena itu ia meyakini sejauh ini masa transisi masih bisa dilanjutkan sampai akhir Juni. Setelah itu, pihaknya akan mengevaluasi lagi akan menyudahi PSBB atau memperpanjangnya.

"Bila dianggap membahayakan, maka kita akan lakukan kembali ke PSBB semula. Tapi, sekarang karena temuannya tidak, kita akan jalani terus dua minggu lagi," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS