Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Viral Dokter Telanjang karena Stres Suami Kena Corona, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruhaeni Intan
CEK FAKTA: Viral Dokter Telanjang karena Stres Suami Kena Corona, Benarkah?
Dokter Perempuan Telanjang di Jalan Surabaya.

Video dokter perempuan yang telanjang itu sempat viral di media sosial. Ia diduga stres karena suami dan anak terinfeksi Covid-19.

Suara.com - Baru-baru ini, media sosial sempat dihebohkan dengan adanya video seorang dokter di Surabaya telanjang. Perempuan yang bertelanjang bulat di pinggir jalan itu diduga adalah seorang dokter.

Video dokter telanjang tersebut diunggah oleh akun bernama @filipus_nove melalui Twitter. Dari narasi yang ia tulis, perempuan tersebut diduga telanjang karena stres suami dan anaknya terinfeksi virus corona Covid-19.

"Ini dokter gigi di Surabaya, suaminya sama anaknya mati kena Covid-19. Ini istrinya stres sampai telanjang di jalan," tulis @filipus_nove.

Cuitan warganet yang mengunggah video dokter telanjang di Surabaya (Twitter).
Cuitan warganet yang mengunggah video dokter telanjang di Surabaya (Twitter).

Tak butuh waktu lama sampai kabar tersebut viral dan jadi perbincangan warganet. Namun, benarkah perempuan tersebut telanjang karena stres keluarganya terkena corona?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, didapati fakta bahwa kabar tersebut ternyata hoaks. Benar bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter, namun ia melakukan hal itu bukan karena stres keluarganya meninggal akibat Covid-19.

Hal ini diperkuat dengan adanya klarifikasi dari Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya dan ketua RT setempat. Mereka membenarkan bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter namun keluarganya dalam kondisi sehat, tidak terkena Covid-19 dan berada di rumah.

"Suami dan anaknya ada di rumah. Mereka sehat," kata Iis Hidayati, Ketua RT setempat, Senin (15/6/2020).

Namun, terkait motif perempuan tersebut telanjang di pinggir jalan sampai saat ini belum diketahui. Iis juga enggan menanyakan penyebabnya dan menyerahkan segala urusan kepada keluarga sang dokter.

"Orangnya baik sekali. Kami sampai hari ini tidak bertanya pada pihak keluarga ada apa, karena kami juga tidak mau mencampuri urusan beliau. Kami tahu sudah ada dokter pribadi yang menangani, ya sudah," demikian katanya seperti dikutip dari situs Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka diketahui bahwa benar perempuan yang ada di video tersebut adalah seorang dokter namun, ia telanjang di pinggir jalan bukan karena stres suami dan anaknya meninggal akibat Covid-19. Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @filipus_nove adalah kabar hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS