Mentan Bikin Kalung Antivirus Corona, Tagar #KalungAntiBego Bergema

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
Mentan Bikin Kalung Antivirus Corona, Tagar #KalungAntiBego Bergema
Kalung antivirus corona (Dok Kementerian Pertanian)

Kalung antivirus dari tanaman eucalyptus itu justru menjadi bahan guyonan publik.

Suara.com - Kementerian Pertanian (Kementan) produksi kalung antivirus corona yang diklaim dapat menangkal Covid-19 hingga 80 persen. Kemunculan kalung antivirus tersebut justru menjadi bahan ejekan publik hingga warganet menggemakan tagar #KalungAntiBego di media sosial.

Dari pantauan Suara.com, Sabtu (4/7/2020), tagar bernada satire ini masuk dalam daftar trending topic di linimasa Twitter. Ada ribuan cuitan memenuhi media sosial Twitter mengkritisi temuan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tersebut.

Syahrul mengklaim, jika kalung tersebut digunakan selama 15 menit maka antivirus akan bekerja membunuh 42 persen Covid-19. Sementara, jika kalung yang diklaim telah lulus ujicoba itu digunakan selama 30 menit maka dapat menangkal 80 persen Covid-19.

Kalung antivirus jadi bahan ejekan warganet (twitter)
Kalung antivirus jadi bahan ejekan warganet (twitter)

Bahkan, Syahrul juga menyebut akan segera memproduksi kalung antivirus yang terbuat dari tanaman eucalyptus itu secara massal pada Agustus 2020 mendatang.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu juga mengungkapkan keunggulan lainnya terobosan dari Kementan tersebut. Salah satunya adalah bisa mengobati luka sayatan.

Kalung antivirus buatan Kementerian Pertanian itu sontak menjadi bahan perbincangan publik. Banyak warganet yang menolak produksi massal kalung tersebut sebab dinilai sebagai pemborosan anggaran dan belum terbukti khasiatnya.

Tak hanya itu, banyak warganet yang mengaitkan temuan kalung antivirus Kementerian Pertanian tersebut dengan kalung antivirus bernama 'Virus Shut Out' buatan Jepang.

Produk tersebut sempat tenar beberapa waktu lalu hingga dipakai oleh kalangan selebritas Tanah Air. Produk tersebut menjanjikan dapat melindungi penggunanya dari virus patogen selama 30 hari per produk.

"Inovasi apalagi yang coba dikeluarkan pemerintah, makin nggak masuk akal blasss. Anggaran lagi anggaran lagi yang terkikis. Miris," kata @gilangsam*****.

"Menurutku sih Mentan terinspirasi dari produk Jepang yang viral dipakai artis-artis itu loh kalung virus shut out," ungkap @imlooking*****.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS