Hari Pertama Sekolah Online, Siswa Terpaksa Telat Belajar karena HP Hilang

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Hari Pertama Sekolah Online, Siswa Terpaksa Telat Belajar karena HP Hilang
Ilustrasi Belajar Online di Rumah. (Shutterstok)

"Jujur, saya kurang paham online-online begini, ribet."

Suara.com - Tahun ajaran baru 2020/2021 sekolah di DKI Jakarta kali ini dilaksanakan secara daring karena merebaknya virus corona Covid-19. Kegiatan pembelajaran tanpa tatap muka ini ternyata masih terdapat kendala yang dialami sejumlah siswa.

Salah satunya seperti yang dialami oleh Desi, wali murid dari satu siswa di SMPN 5 Jakarta Pusat. Desi mengaku masalah yang dialami anaknya adalah kehilangan ponsel pintar.

"Handphone anak saya hilang. Kan sekarang belajarnya online pakai HP. Jadi enggak bisa ikut belajar online," ujar Desi saat dihubungi, Senin (13/7/2020).

Desi yang datang ke sekolah sekitar pukul 09.00 WIB ini meminta untuk bertemu denga salah satu staf yang mengoperasikan pembelajaran online di sekolah. Ia diterima masuk salah satu ruangan dan ditanyakan masalahnya.

Akhirnya pihak sekolah memutuskan untuk mengganti nomor HP anaknya yang terdaftar dengan milik Desi. Dengan demikian, maka anak Desi bisa kembali mengikuti pembelajaran online menggunakan ponsel orangtuanya.

"Sudah ditanya, saya bilang HP anak saya hilang. Jadi didaftarin nomor hp saya," kata Desi.

Sekembalinya ia ke rumah, anak Desi mencoba ikut belajar online lewat aplikasi Google Meet.

Ia menyebut setidaknya ada guru dan sejumlah murid yang ikut pembejaran ini. Proses belajar berlangsung seperti biasa, yakni guru memberikan penjelasan dan siswa mendengarkan.

Desi mengakui cara ini merupakan pengalaman pertamanya. Menurutnya ia dan anaknya nantinya akan terbiasa dengan cara belajar ini.

"Jujur, saya kurang paham online-online begini, ribet," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS