Cara Cek Hasil UM UGM 2020, Simak Baik-baik!

Rifan Aditya
Cara Cek Hasil UM UGM 2020, Simak Baik-baik!
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta - (Antara/Rizky)

Bagaimana cara cek hasil UM UGM 2020? Simak langkahnya berikut ini.

Suara.com - Hasil seleksi mandiri UM UGM 2020 telah diumumkan pada hari Kamis (27/8/2020). Bagaimana cara cek hasil UM UGM 2020? Simak langkahnya berikut ini.

Pengumuman UM UGM 2020 tersebut bisa dicek melalui situs website resmi UGM yaitu um.ugm.ac.id mulai pukul 22.00 WIB.

Sekadar informasi, bahwa pendaftaran ujian seleksi mandiri Universitas Gadjah Mada atau UGM telah berlangsung sejak 15 Juni sampai dengan 10 Agustus 2020 secara daring. Seleksi mandiri merupakan jalur masuk UGM yang menggunakan kombinasi antara hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lainnya.

Jalur UM UGM ini memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi. Peserta UM UGM dapat memilih sebanyak 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana.

Baca Juga: SKB CPNS di Kota Jogja Wajibkan Peserta dari Luar DIY Bawa Hasil RDT

Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19, UGM memang mempunyai kebijakan yang tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Penerimaan mahasiswa baru Sekolah Vokasi Gelombang 2 telah resmi ditiadakan.

Berikut ini cara cek hasil UM UGM 2020

Untuk mengecek hasil UM UGM 2020, Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Buka situs website UGM um.ugm.ac.id
  2. Lalu klik "Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri UGM" yang terdapat pada menu "Pengumuman" di laman UM UGM.
  3. Masukkan email, PIN, dan kode captcha, lalu klik "Login".
  4. Maka pengumuman hasil seleksi dapat dilihat melalui akun Anda.

Untuk melihat hasil tes, Anda memang harus login terlebih dahulu di website UGM tersebut. Email dan PIN yang digunakan adalah akun yang Anda gunakan untuk pendaftaran di UM UGM.

Jika Anda lupa PIN, pihak UGM memberikan fitur "Forgot PIN" atau "Lupa PIN" untuk memberikan kesempatan pada setiap peserta untuk membuat PIN baru.

Baca Juga: Jadwal SKB CPNS BKN, Cek Aturan dan Lokasinya

Sementara itu, email yang digunakan untuk membuat akun merupakan email personal yang berstatus aktif, karena semua komunikasi berkaitan dengan proses seleksi akan dilakukan melalui email tersebut.

Sedangkan PIN adalah kunci yang digunakan untuk mengakses akun Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru di Universitas Gadjah Mada. PIN terdiri dari (minimal) 6 digit angka dan/atau huruf dan/atau kombinasi antara keduanya.

Untuk diperhatikan, UGM tidak menarik biaya selain yang diumumkan melalui situs resminya. Waspadalah terhadap segala bentuk tindak penipuan yang mengatasnamakan Panitia Ujian Masuk UGM.

Itulah cara cek hasil UM UGM 2020 yang perlu Anda pahami. Jika Anda lolos, maka pihak UGM akan meminta Anda untuk mengikuti prosedur registrasi.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS