Bisa Kapan dan di Mana Saja, Menteri Nadiem: Belajar Online Jadi Hal Lumrah

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Bisa Kapan dan di Mana Saja, Menteri Nadiem: Belajar Online Jadi Hal Lumrah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan tanggapan tentang rekomendasi Panitia Kerja (Panja) Pembelajaran Jarak Jauh dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

"Para mahasiswa dan dosen menjadi semakin terpacu mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan mengintregasikan teknologi ke dalam pembelajaran," ujarnya.

Suara.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19), semua hal mesti beradaptasi dengan cepat termasuk dunia pendidikan.

Menurutnya, saat ini pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi menjadi sesuatu yang lazim dilakukan.

Nadiem mengungkapkan pembelajaran jarak jauh bisa terus dilakukan berkat kekuatan baik dari pelajar ataupun pengajar. Sehingga mereka pun menjadi terbiasa melakukan pembelajaran melalui kecanggihan teknologi.

"Ketangguhan para pendidik dan pelajar memungkinkan pendidikan tetap berlangsung. Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi menjadi semakin lumrah," ungkap Nadiem saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Universitas Siber Asia secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Alvin Lie Protes ke Nadiem: S3 Kayak Saya Tak Perlu Dikasih Kuota Gratis!

Dengan adanya pandemi Covid-19, sistem pembelajaran pun disebutkan Nadiem bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Kondisi tersebut mendorong adanya inisiatif antara pengajar dan murid.

"Para mahasiswa dan dosen menjadi semakin terpacu mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan mengintregasikan teknologi ke dalam pembelajaran," ujarnya.

Kemudian Nadiem pun menyinggung adanya Universitas Siber Asia, perguruan tinggi Indonesia pertama yang sistem pembelajarannya menggunakan daring.

Ia berharap kampus yang baru diresmikan tersebut bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing baik di dalam maupun luar negeri.

"Saya berharap UNSIA dapat selalu bergotong-royong menyiapkan SDM unggul melalui kerjasama dengan perguruan tinggi unggul di dalam maupun luar negeri serta dunia usaha dan dunia industri," tutur Nadiem.

Baca Juga: Sundawani Wirabuana Sebut Penghapusan Matpel Sejarah Upaya Pelemahan Bangsa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS