Minta Kader Patuhi Protokol Kesehatan, AHY: Pilkada saat Ini Lebih Berat

Dwi Bowo Raharjo
Minta Kader Patuhi Protokol Kesehatan, AHY: Pilkada saat Ini Lebih Berat
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. [Suara.com/M Yasir]

"Di satu sisi, para calon kepala daerah harus menyapa rakyat, namun di sisi lain harus menjaga jarak."

Suara.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta pada seluruh kader partainya untuk mematuhi protokol kesehatan saat masa kampanye Pilkada Serentak 2020. Hal ini bertujuan untuk keselamatan semuanya dan agar terhindar dari virus corona covid-19.

"Saya instruksikan kepada para calon kepala daerah dari Partai Demokrat untuk menjalankan kampanye dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat dan disiplin," ujar AHY dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (26/9/2020).

AHY mengingatkan agar jangan sampai menciptakan klaster-klaster baru Covid-19 di 270 daerah karena pilkada.

Putra Sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengatakan bahwa sulit membayangkan, betapa berbeda dan beratnya pilkada di masa pandemi ini jika dibandingkan dengan pilkada-pilkada sebelumnya.

Baca Juga: Siap Dicoblos, Ini 25 Paslon Pilkada 2020 di Jawa Barat

"Di satu sisi, para calon kepala daerah harus menyapa rakyat, namun di sisi lain harus menjaga jarak. Kita semua tentu sulit membayangkan, betapa berbeda dan beratnya pilkada di masa pandemi ini dibandingkan dengan pilkada-pilkada sebelumnya," kata AHY.

Namun, menurut dia, jalannya demokrasi adalah pilihan. Oleh karena itu, perangkat dan instrumen demokrasi ini harus dipastikan tetap berjalan sesuai tatanan.

"Ini penting, agar demokrasi kita tidak berjalan pincang. Jangan justru, mundur lagi ke belakang. Terlalu mahal harga yang harus kita bayar jika kita harus kembali lagi ke zaman sebelum reformasi," kata AHY.

Selanjutnya, AHY mengajak untuk berikhtiar dan berjuang sekuat tenaga, dengan niat yang baik, tujuan yang baik, dan diperjuangkan dengan cara-cara yang baik, agar para kandidat sukses, dan bisa memenangkan hati, pikiran, dan suara rakyat.

"Saya berharap materi kampanye difokuskan, untuk menjelaskan kepada masyarakat, solusi terbaik untuk krisis pandemi dan ekonomi di daerahnya," kata AHY.

Baca Juga: Bukan Kertas Suara, Potensi Kasus Corona Bisa Masif di Pilkada karena Ini

Kemudian untuk pasangan calon yang berkompetisi, AHY meminta agar berkompetisi secara sportif dan beretika.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS