RSD Wisma Atlet Buka Tower 8, Khusus Pasien OTG Kalangan TKI dan Petugas

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
RSD Wisma Atlet Buka Tower 8, Khusus Pasien OTG Kalangan TKI dan Petugas
Penampakan Gedung RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakpus. (Suara.com/Arga)

Namun tower itu bakal diperuntukan bagi pasien corona dari kalangan petugas dan pekerja migran Indonesia atau PMI.

Suara.com - Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat menambah satu tower untuk perawatan pasien positif Covid-19 tanpa gejala alias OTG, yakni tower 8. Namun tower itu bakal diperuntukan bagi pasien corona dari kalangan petugas dan pekerja migran Indonesia/PMI alias TKI.

Wakil Panglima Kogasgabpad Penanganan Pasien Covid-19, Brigjen TNI Mustofa Saleh mengatakan Tower 8 itu sudah siap 100 persen untuk digunakan. Setidaknya terdapat 1.548 tempat tidur yang tersedia di sana.

"Tower 8 tetap kita antisipasi khususnya untuk menangani PMI yang datang dari luar negeri termasuk anggota atau petugas yang bekerja di lapangan jadi alternatif selalu kita antisipasi," kata Saleh saat konferensi pers di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Saleh mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan ruangan IGD di lantai 1. Targetnya besok, Minggu (27/9) sore sudah bisa dioperasionalkan.

Baca Juga: Arahan Menkes, Bed ICU RS Darurat Wisma Atlet Bakal Dikurangi, Mengapa?

Saleh menambahkan, Tower 4 dan 5 yang disiapkan untuk tempat perawatan pasien positif tanpa gejala kini sudah hampir penuh. Tower 4 sudah terisi 1.287 dari 1.546 tempat tidur atau sekitar 83,24 persen.

Sedangkan Tower 5 sudah terisi 1.073 dari 1.570 tempat tidur yang tersedia atau sekitar 68,2 persen.

Fluktuasi pasien yang masuk juga terjadi setiap pekannya. Kalau dalam pekan kemarin bisa mencapai 200-300 orang, untuk minggu ini pasien masuk yang tercatat berjumlah di bawah 50 orang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS