Polisi Antisipasi Pelajar yang Hendak Ikut Demo Omnibus Law Rabu Besok

Reza Gunadha | Yosea Arga Pramudita
Polisi Antisipasi Pelajar yang Hendak Ikut Demo Omnibus Law Rabu Besok
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana (kiri) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memberikan keterangan kepada wartawan seputar unjuk rasa evaluasi setahun Jokowi-Ma'ruf di Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020). [ANTARA/Livia Kristianti]

"Kami dari kepolisian tentunya dan dibantu oleh TNI, kami terus melakukan upaya-upaya, khususnya dari para pelajar," kata Nana

Suara.com -  Sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law - UU Cipta Kerja di kawasan DKI Jakarta, Rabu (28/10/2020) besok. Terkait hal itu, kepolisian akan mengamankan hal tersebut. 

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana mengatakan, pihaknya bersama TNI akan melakukan upaya-upaya antisipasi. Salah satunya, pengamanan bagi sektor pelajar yang ikut turun ke jalan.

"Kami dari kepolisian tentunya dan dibantu oleh TNI, kami terus melakukan upaya-upaya,  khususnya dari para pelajar," kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/10/2020).

Pada kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus belum merinci jumlah personel yang akan diterjunkan pada esok hari.

Baca Juga: Kapolda: Demo Umumnya Kondusif Walaupun Ada Sedikit Lempar-lemparan

Meski demikian, dia menyebut jik pihaknya akan tetap menghormati hak tiap warga  negara yang hendak berunjuk rasa.

Namun, jika ada pihak-pihak yang hendak membuat kerusuhan, pihaknya akan menindak secara tegas.

Tak hanya itu, Yusri turut mengimbau pada masyarakat untuk berdiam di rumah karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Kami harapkan besok ini damai, UU Nomor 9 Tahun 1998 bahwa penyampaian pendapat unjuk rasa boleh, tapi selama pandemi, jangan sampai terjadi klaster lagi penyebaran COVID-19. STTP kami tidak keluarkan, tapi untuk antisipasi TNI-Polri kita siapkan, kami imbau sebaiknya di rumah saja, tapi kalau anarkis kita akan tindak tegas," ucap Yusri.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman, dan Gunernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar pertemuan di Polda Metro Jaya, Senin (26/10/2020) hari ini.

Baca Juga: Disdik Bekasi ke Kepsek, Pelajar Ikut Demo Bisa Disanksi Sesuai Tatib

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Sekolah di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Komentar