alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Kim Jong Un Ikut Komentari Kepulangan Rizieq ke Indonesia?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Kim Jong Un Ikut Komentari Kepulangan Rizieq ke Indonesia?
Fakta Kim Jong Un komentari kepulangan Rizieq Shihab (Turnbackhoax.id)

Benarkah Kim Jong Un angkat bicara terkait kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia? Simak fakta selengkapnya berikut!

Suara.com - Beredar narasi yang menyebut pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ikut angkat bicara mengenai kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Hendra Fafindra Hardi Siswanto. Akun tersebut mengunggah video dari kanal Youtube dengan cover wajah Kim Jong Un.

Berikut narasi yang dimuat oleh akun Facebook tersebut:

"Wowww…
Apa ya pesan kim jong un??
Sampai angkat bicara pulangx habib rizieq?

Baca Juga: Rizieq Langgar Prokes, Kapolda Metro dan Jabar Kambing Hitam Pemerintah

https:// youtu.be / iFE-XDDakfM."

Benarkah klaim tersebut?

Fakta Kim Jong Un komentari kepulangan Rizieq Shihab (Turnbackhoax.id)
Fakta Kim Jong Un komentari kepulangan Rizieq Shihab (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (17/11/2020), klaim yang menyebut Kim Jong Un komentari kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia adalah klaim yang salah.

Tautan yang diunggah oleh akun Facebook tersebut mengarahkan pembaca ke sebuah video Youtube yang menampilkan cover wajah Kim Jong Un.

Baca Juga: Cuma Anies yang Dipanggil Polisi, Politisi Demokrat: Dia Jadi Target?

Video tersebut diawali dengan narasi visual terkait kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar