alexametrics

Terbaik Peringkat I, Kementan Raih Penghargaan Komisi Informasi Publik

Fabiola Febrinastri
Terbaik Peringkat I, Kementan Raih Penghargaan Komisi Informasi Publik
Kementan menduduki peringkat 1 terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. (Dok : Kementan)

Salah satu syarat dalam membuka informasi publik antara lain dengan melakukan transparansi.

Suara.com - Untuk menjalankan amanat ketebukaan informasi, Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya untuk melakukan transparasi. Usaha ini membuahkan hasil, karena Kementan menduduki peringkat I terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik.

Ketetapan ini diberikan Komisi Informasi Publik (KIP) setelah melalui serangkaian proses penelitian panjang sekaligus monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi Kementan menepati posisi pertama dengan nilai yang cukup tinggi, yakni sebesar 97,99.

"Transparansi di Kementerian Pertanian semakin memperlihatkan baik dan jeleknya, sebuah kinerja kami selama ini. Inilah bentuk komitmen kami dalam menjalankan visi keterbukaan informasi publik," ujar Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, Jakarta Rabu (25/11/2020).

Kementan menduduki peringkat 1 terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. (Dok : Kementan)
Kementan menduduki peringkat 1 terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. (Dok : Kementan)

Menurutnya, salah satu syarat dalam membuka informasi publik antara lain dengan melakukan transparansi. Keterbukaan informasi menjadi bagian penting, sekaligus tolak ukur dalam menjaga ritme kerja para pegawainya.

Baca Juga: Jadi Kementerian paling Transparan, Kementan Terima Penghargaan

Pola semacam ini juga berlaku bukan hanya saat di dalam kantor saja, melainkan juga saat bertugas dinas di luar kota.

"Karena itu, partisipasi Kementan dalam informas publik akan membangun sebuah sistem, dimana semua masyarakat bisa mengakses informasi bahkan dapat berpartisipasi didalamnya. Dengan begitu, semua orang bisa mengetahui pendekatan aturan yang pasif hingga SOP yang sedang dijalankan," katanya.

Pemberian penghargaan kepada Kementan merupakan bagian dari Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik.

Predikat Badan Publik Informatif merupakan klaster tertinggi pada hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik, yang diikuti 348 badan publik, yang terdiri dari kementerian, pemerintah provinsi, badan usaha milik negara, lembaga non struktural, perguruan tinggi, lembaga pemerintah non kementerian dan terakhir partai politik.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyampaikan terimakasih atas perhatian semua pihak terhadap kinerja seluruh jajaran Kementan. Ke depan, kata Kuntoro, pihaknya akan lebih meningkatkan  komunikasi antar lembaga negara dan kementerian lain.

Baca Juga: Begini Cara Kementan Kendalikan Impor

"Dalam hal ini, saya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Semoga ke depan, kami bisa bekerja lebih baik dan mampu mengkomunikasikan semua program di Kementan dengan lebih cepat dan efektif," katanya.

Komentar