alexametrics

Profil Habib Rizieq: Alumnus SMP Kristen Bethel, Tak Pernah di Madrasah

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Profil Habib Rizieq: Alumnus SMP Kristen Bethel, Tak Pernah di Madrasah
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Kamis (3/11). [suara.com/Oke Atmaja]

Rizieq tak pernah mengenyam pendidikan sebagai seorang murid di madrasah. Ia menghabiskan masa mudanya duduk di bangku sekolah negeri hingga sekolah Kristen.

Suara.com - Nama Rizieq Shihab selalu menjadi sorotan publik. Ia beserta ormas yang didirikannya, FPI seringkali menuai kontroversi.

Pemilik nama lengkap Muhammad Rizieq Husein Shihab itu dibesarkan di tengah lingkungan keluarga Hadhrami atau garis keturunan Nabi Muhammad SAW.

Rizieq tak pernah mengenyam pendidikan sebagai seorang siswa di madrasah. Ia menghabiskan masa mudanya duduk di bangku sekolah negeri hingga sekolah Kristen.

Dikutip dari buku berjudul Sisi Lain Habib Rizieq karya Fikry Muhammadi, Rizieq baru mulai rajin mengaji di masjid dekat rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat saat berusia empat tahun.

Baca Juga: Rizieq Sakit usai Bikin Kerumunan, Kapolda Metro: Positif Thinking Aja

Pria kelahiran Agustus 1966 itu ditinggal sang ayah Habib Hussein Shihab yang wafat saat ia berusia 11 bulan.

Hal itu membuat dirinya hanya diasuh seorang diri oleh sang ibu Syarifah Sidah, dan tidak dididik di pesantren.

Sebagai orangtua tunggal, ibunya yang bekerja sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin juga sangat memperhatikan pendidikan Rizieq serta membimbingnya dengan pendidikan agama.

Sejak kecil, Rizieq tak menimba ilmu agama di pesantren. Rizieq menempuh pendidikan di sekolah umum di dekat rumahnya.

Lulus dari SDN 1 Petamburan pada 1975, Rizieq melanjutkan pendidikan sekolah menengah di SMP 40 Pejompongan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Karangan Bunga untuk Habib Rizieq Disingkirkan, Penuhi RS UMMI Bogor

Namun karena jarak sekolah dengan rumahnya yang terlalu jauh, Rizieq dipindahkan ke sekilah SMP Kristen Bethel Petamburan karena jaraknya yang dekat dengan rumah. Ia lulus dari sekolah Kristen itu pada 1979.

Komentar