alexametrics

Ada Deklarasi Republik West Papua, Kemenlu Panggil Dubes Inggris

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Ada Deklarasi Republik West Papua, Kemenlu Panggil Dubes Inggris
Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda. (Foto: Istimewa / via Jubi.co.id)

"Namun Dubes Inggris rupanya sedang cuti dan mungkin baru besok," ujarnya.

Suara.com - MPR RI meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins.

Owen nantinya diminta menjelaskan soal deklarasi Papua Barat merdeka oleh Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda. 

Benny mendeklarasikan pemerintahan sementara Republik West Papua dan mendaulat diri sebagai presiden sementara, yang berkedudukan di Inggris.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah mengatakan pihak Kemlu sudah menugaskan dirjen untuk memanggil Dubes Inggris Owen Jenkins.

Baca Juga: Benny Wenda Deklarasi West Papua Via Twitter, Mahfud: Ngapain Mesti Ribut?

"Betul sudah menugaskan dirjen terkait untuk memanggil Dubes Inggris," kata Teuku saat dikonfirmasi Suara.com, Kamis (3/12/2020). 

Rencananya, Kemlu hendak memanggil Dubes Inggris Owen pada Kamis hari ini. Akan tetapi, Owen dikabarkan tengah menjalani masa cuti. 

Jadinya, kata dia, besar kemungkinan pertemuan akan dilakukan pada Jumat (4/12/2020) beesok. 

"Namun Dubes Inggris rupanya sedang cuti dan mungkin baru besok," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Menlu Retno mesti mendapatkan penjelasan terkait sikap pemerintah Inggris terhadap ULMWP.

Baca Juga: Wakapolri: Ikuti Kelompok Benny Wenda yang Pisah dari NKRI, Kami Tindak!

Hal itu disampaikan politikus yang akrab disapa Bamsoet dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020).

Komentar