alexametrics

Profil Rahma Sarita, Staf Ahli MPR Dipecat Karena Dianggap Hina Pancasila

Rifan Aditya
Profil Rahma Sarita, Staf Ahli MPR Dipecat Karena Dianggap Hina Pancasila
Profil Rahma Sarita (Instagram @rahmasarita_jufri)

Siapa sebenarnya sosok Rahma Sarita? Berikut profil Rahma Sarita selengkapnya.

Suara.com - Staf Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Rahma Sarita, dipecat dari jabatannya setelah dianggap melecehkan Pancasila. Siapa sebenarnya sosok Rahma Sarita? Berikut profil Rahma Sarita selengkapnya.

Untuk diketahui, surat pemecatan Rahma Sarita telah disampaikan ke Sekretariat MPR sejak 13 Desember 2020. Dalam surat bernomor 003/LM/MPRRI/XII/2020 tersebut, dijelaskan bahwa Rahma dipecat karena tidak menjalankan tugasnya.

Saat dikonfirmasi Suara.com, Lestari Moerdijat membenarkan pemecatan Rahma. Lestari menilai Rahma telah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2009 mengenai Lambang Negara dan tidak menjalankan kebijakan MPR dalam menjaga dan mensosialisasikan empat konsensus kebangsaan.

Pemecatan ini bermula ketika Rahma Sarita mengunggah tulisan berjudul "Pancasila Versi Negara Wakanda" di akun Facebook pribadinya. Unggahan tersebut menuai pro dan kontra dari netizen hingga berujung pemberhentian jabatan sebagai Staf Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI.

Baca Juga: Pimpinan MPR: Tidak Ada Tempat Bagi Orang yang Tak Hormati Lambang Negara

Mari simak profil Rahma Sarita yang telah disusun oleh tim Suara.com berikut ini.

Biodata Rahma Sarita

Perempuan bernama lengkap Rahma Sarita Aljufri ini lahir di Surabaya, 7 April 1875. Rahma merupakan alumni dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga tahun 1977.

Karier Rahma Sarita sebagai Jurnalis

Perempuan berdarah Arab-Indonesia ini mengawali kariernya di dunia jurnalistik sebagai reporter TVRI Surabaya tahun 1998. Pada tahun 1999, Rahma Sarita hijrah ke Jakarta dan bekerja sebagai reporter TVRI Jakarta.

Baca Juga: Geger Pancasila Versi Negara Wakanda Ala Rahma Sarita, Begini Isinya

Tahun berikutnya, Rahma Sarita bergabung dengan Metro TV di tahun 2000 sebagai salah satu pembawa acara program Metro Realitas. Diketahui, Rahma berkarier sebagai jurnalis di Metro TV selama 7 tahun.

Komentar