alexametrics

Jawab Rasa Penasaran, Wanita Ini Bocorkan Rasanya Kerja dengan Elon Musk

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Jawab Rasa Penasaran, Wanita Ini Bocorkan Rasanya Kerja dengan Elon Musk
Elon Musk. [AFP/Peter Parks]

Elon Musk selama ini terkenal dengan ide-ide luar biasa yang gila sekaligus fantastis.

Suara.com - Sosok Elon Musk dikenal sebagai pengusaha sukses hingga ia terpilih menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Dua perusahaan besarnya, Tesla dan SpaceX membawa proyek super ambisius yang kini semakin berkembang.

Kemudian banyak orang yang penasaran, seperti apa rasanya kerja di perusahaan besar milik Elon Musk?

Menyadur CNBC Rabu (27/01), Musk adalah orang yang sangat ambisius dan pekerja keras. Ia bahkan pernah mengumpulkan karyawannya untuk rapat di hari Minggu pada pukul 1 dini hari.

Saat itu, ia mengumpulkan orang-orang kepercayaannya di pabrik pesawat ruang angkasa SpaceX di pantai Boca Chida, Texas untuk menanyakan, mengapa pabriknya tak bisa beroperasi 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu?

Baca Juga: Pacar Elon Musk Siap Bikin Pengguna Android Tidur Nyenyak

Segera setelah rapat dini hari itu atau 48 jam setelah Musk bertanya, pabriknya merekrut 252 orang untuk bekerja dalam shift agar bisa membangun roket Starship tanpa henti.

Sketsa tersebut menceritakan tentang bagaimana rasanya bekerja untuk Elon Musk.

Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell yang bergabung dengan perusahaan pada tahun 2002 sebagai karyawan No. 7 mengatakan dia masih suka bekerja untuk Musk, hingga saat ini.

"Tidak diragukan lagi bahwa Elon sangat agresif tapi terus terang dan itu mendorong kami untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dan lebih cepat," kata Shotwell dalam TED talk 2018.

Shotwell mengatakan hal yang paling penting ketika bekerja dengan Elon Musk adalah selalu mendengarkan dan tak boleh menolak ide-ide Musk yang kadang sedikit gila.

Baca Juga: Elon Musk Tanggapi Waymo yang Menyinggung Sistem Autopilot Tesla

Bos SpaceX, Elon Musk, berbicara tentang peluncuran kapsul Crew Dragon di Florida AS pada 2 Maret 2019 kemarin. Tampak gambar kapsul antariksa tersebut pada bagian belakangnya. [AFP/Jim Watson]
Bos SpaceX, Elon Musk. [AFP/Jim Watson]

"Pertama, ketika Elon mengatakan sesuatu, Anda harus berhenti sejenak dan tidak langsung berseru 'tidak mungkin'. Sebaiknya Anda menutupinya dan mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya," kata Shotwell.

Wanita yang bekerja lebih dari satu dekade dengan Elon Musk ini menekankan pentingnya bergerak cepat agar bisa mengimbangi ide-ide Musk yang menembus batasan manusia pada umumnya.

 "Saya pikir sepanjang waktu dan semua uang di dunia tidak menghasilkan solusi terbaik, jadi memberikan tekanan pada tim untuk bergerak cepat sangatlah penting."

Komentar