alexametrics

Doa Dzikir Harian Dapat Dibaca Setelah Sholat, Buat Hati Jadi Tenang

Rifan Aditya
Doa Dzikir Harian Dapat Dibaca Setelah Sholat, Buat Hati Jadi Tenang
Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah, doa dzikir harian yang dapat dibaca setelah sholat. [Shutterstock]

Berikut urutan bacaan doa dzikir harian yang dapat dibaca setelah sholat.

Suara.com - Doa dzikir harian bagi umat muslim lazimnya dibaca setelah selesai sholat. Dzikir yang merupakan ungkapan pujian kepada Allah berfungsi untuk lebih meyakinkan hamba bahwa Tuhan akan memberi yang terbaik sesuai ketetapan-Nya. Sejumlah hadist bahkan menyebutkan dzikir sebagai amalan yang paling baik di sisi Tuhan.

Sebenarnya, bacaan doa dzikir harian ini sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan diikuti oleh seluruh umatnya. Doa dan dzikir ini juga diharapkan membuat kita senantiasa berhusnuzon dan berpikir positif.

Dzikir juga juga menjadi kegiatan di waktu luang yang bermanfaat. Berikut urutan bacaan doa dzikir harian yang dapat dibaca setelah sholat.  

  1. Istighfar (Astagfirullahal’azim) 3 Kali : Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung

  2. Tasbih (Subhanallah) 33 Kali: Maha Suci Allah.

  3. Tahmid (Alhamdulillah) 33 Kali: Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

  4. Takbir (Allahu Akbar) 33 Kali: Allah Maha Besar.

  5. Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahuu Laa Syariika Lah, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Wa Huwa’Alaa Kulli Syai’in Qadhir.

    “Tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang mempunyai kekuasaan dan kerajaan yang memerintahkan, bagi-Nya segala puji-pujian yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

  6. Allaahumma antas salaamu wa minkas salaamu wa ilaika ya’uduus salaamu fa hayyinaa rabbanaa bis salaami wa adkhinal- jannata daaras salaami tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikram.

    “Ya Allah Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan dan daripada- Mulah kesejahteraan itu dan kepada- Mulah akan kembali lagi segala kesejahteraan itu. Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Dan masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang kuasa memberiberkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

  7. Wa ilaahukum ilaahuw waahidun laa ilaaha ilaa huwar rahmaanur rahiim.

    “Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

  8. Allaahumma laa maani’a limaa a’thaita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa radda limaa qadhaita wa laa yanfa’u dzal-jaddi minkal-jaddu.

    “Ya Allah, tidak ada yang menghalangi segala apa yang Engkau berikan. Dan tidak ada yang dapat memberikan segala yang Engkau larang. Dan tidak ada yang menolak segala apa yang Engkau putuskan. Dan tidak bermanfaat kepada orang yang kaya di sisi Engkau segala kekayaannya.”

  9. Allaahu akbar kabiiraw wal-hamdu lillaahi katsiiraw wa subhaanallahi bukrataw wa ashiila. Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa’alaa kulli syai’in qadiir.

    “Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah dengan puji yang banyak. Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang. Tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang mempunyai kekuasaan dan kerajaan yang memerintahkan, bagi-Nya segala puji- pujian yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

  10. Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-‘aliyyil ‘azhiim. Astagfirullaahal-‘azhiim.

    “Dan tidak ada daya upaya dan kekuataan melainkan dengan pertolongan Allah Maha Tinggi lagi Maha Mulia. Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.”

Itulah urutan bacaan doa dzikir harian yang dapat dibaca setelah sholat. Semoga Allah SWT selalu mengampuni dosa kita dan memberikan berkah untuk semuanya. 

Baca Juga: Niat Puasa Daud, Tata Cara dan Manfaatnya

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Komentar