alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Orang Gila Ngamuk Ingin Jokowi 3 Periode Berhasil Diamankan?

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Orang Gila Ngamuk Ingin Jokowi 3 Periode Berhasil Diamankan?
Klaim yang menyebut ada orang gila inginkan Jokowi 3 periode (turnbackhoax.id)

Muncul narasi yang menyebut bahwa ada orang gila yang ingin Jokowi memerintah 3 periode. Benarkah narasi itu? Berikut penjelasannya.

Suara.com - Sebuah narasi tentang adanya orang gila yang ngamuk karena ingin Jokowi 3 periode berhasil diamankan dengan nasi bungkus beredar di media sosial.

Narasi tersebut disampaikan oleh akun Facebook bernama Handri dengan menyertakan foto tangkapan layar liputan satpol PP mengamankan orang gila.

Dalam unggahannya, akun facebook Handri mengunggah foto liputan berita dengan judul “Orang Gila Ngamuk Ingin Jokowi 3 Periode, Berhasil Diamankan Satpol-PP Setelah Diberi Nasbung”, disertai tambahan keteragan lokasi Jakarta.

Berikut narasi yang ditulis:

Baca Juga: Indonesia Rawan Bencana, Jokowi: Tantangan Itu Harus Dihadapi

“Orang gila aja pengen Fackthe 3periode, masa lu yang waras nga drun hahaha #iribiandrun”

Klaim yang menyebut ada orang gila inginkan Jokowi 3 periode (turnbackhoax.id)
Klaim yang menyebut ada orang gila inginkan Jokowi 3 periode (turnbackhoax.id)

Benarkah narasi tersebut?

PENJELASAN 

Berdasarkan hasil penelusuran turnbachoax.id, dengan menggunakan google reverse image ditemukan gambar yang identik dari postingan tersebut.

Gambar tersebut merujuk pada halaman muka artikel berita liputan6.com yang berjudul “Hubungan Unik Orang Gangguan Jiwa Jalanan dengan Satpol PP” saat razia ODGJ di Malang, Jawa Timur yang dipublish pada 23 februari 2018.

Baca Juga: Covid dan Bencana, Jokowi: Satu Tahun Indonesia Diberi Pelajaran Luar Biasa

Foto tersebut diketahui merupakan hasil jepretan jurnalis liptan6.com, Zainul Arifin.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar