alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah RI Batal Haji Karena Kuota Haji Malaysia Ditambah 10 Ribu?

Dany Garjito | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Benarkah RI Batal Haji Karena Kuota Haji Malaysia Ditambah 10 Ribu?
Ilustrasi haji. [shutterstock]

Beredar informasi bahwa Malaysia mendapatkan kuota haji tambahan saat lockdown sebanyak 10 ribu. Benarkah?

Suara.com - Sebuah akun twitter bernama @habangbangsel mengomentari sebuah postingan yang berkaitan dengan gagalnya Indonesia memberangkatkan jemaah haji tahun 2021.

Pemilik akun tersebut mengklaim bahwa Malaysia justru mendapatkan tambahan 10 ribu kuota haji di tengah kondisi lockdown. Ia juga menyebut Indonesia gagal memberangkatkan haji karena uang haji sudah habis.

Berikut narasi yang beredar:

“Ngak mungkin!!! Sedangkan Malaysia mendapatkan tambahan 10.000 padahal lagi lock down di negara nya. Ini bukan masalah izin tapi masalah uang haji yg sudah tidak ada”.

Baca Juga: Jauh-jauh Beli Cobek Asli Jogja, Wanita Nyesek Sampai Rumah Ternyata Semen

Benarkah RI Batal Haji Karena Kuota Haji Malaysia Ditambah 10 Ribu? (Turnbackhoax.id)
Benarkah RI Batal Haji Karena Kuota Haji Malaysia Ditambah 10 Ribu? (Turnbackhoax.id)

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penulusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, informasi Malaysia mendapat tambahan 10.000 kuota haji saat lockdown adalah hoaks.

Dilansir dari ANTARA dalam artikel berjudul “Arab Saudi tambah 10.000 kuota haji Malaysia” yang dimuat pada 10 Maret 2021, dijelaskan bahwa pemberian tambahan kuota haji kepada Malaysia berlaku hanya saat pandemi Covid-19 usai.

“Kami sudah dapat keputusan baik persetujuan apabila keadaan (COVID-19) pulih sepenuhnya, kuota haji ditambah 10.000 dari jumlah yang ada,” kata Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin pada 10 Maret 2021 lalu.

Menteri pada Kantor Perdana Menteri Malaysia Urusan Agama, Zulkifli Mohamad al-Bakri, dalam berita ANTARA, juga menyatakan negaranya hingga kini belum menerima keputusan pemberangkatan jamaah haji Malaysia ke Tanah Suci dari pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga: Lupa Dijemur, Perempuan Ini Kaget Lihat yang Tumbuh di Sepatunya

Kemudian, terkait isu bahwa Indonesia gagal berangkatkan jamaah haji karena uang haji sudah habis dan memiliki hutang adalah keliru.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar