alexametrics

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pelantikan Prasetya Perwira TNI Polri

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pelantikan Prasetya Perwira TNI Polri
Jokowi Pimpin Upacara Pelantikam Prasetya Perwira TNI Polri. (Foto: bidik layar video)

Dalam upacara itu juga diikuti secara virtual di Akmil, AAU, AAL dan Akpol

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI dan Polri di halaman depan Istana Merdeka, Selasa (13/7/2021) pagi ini. Dalam acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB itu, proses pelantikan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara pelantikan ini juga disiarkan oleh akun Youtube Sekretariat Presiden. Dalam upacara itu juga diikuti secara virtual di Akmil, AAU, AAL dan Akpol.

Selain itu, pelantikan juga dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sejumlah menteri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Karena dalam situasi Covid-19, hanya penerima Adhi Makayasa saja yang hadir langsung dalam pelantikan tersebut.

Sebagai pembuka upacara, lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan. Kemudian,Kepala Negara memimpin pembacaan sumpah perwakilan perwira TNI dan Polri.

Baca Juga: Netizen Curiga Akun Medsos Jokowi Comot Gambar dari Media Turki, Ini Penjelasan Istana

"Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji/ bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945," berikut petikan sumpah yang dibacakan Jokowi.

Kepada mereka yang dilantik dalam upacara Prasetya Perwira, Jokowi berpesan jika perjalanan baru saja di mulai. Dalam hal ini, perjalanan menjadi perwira yang setia dan mengabdi kepada negara dan rakyat.

"Saya tahu untuk sampai pada tahap sekarang ini saudara-saudara telah melampaui prsoses selsksi yang kompetitif dan ketat juga telah melalui gemblengan yang sangat berat, bukan hnaya bertujuan untuk membentuk ketahanan mental kekuatan fisik serta kedsiplinan yang tinggi tapi juga sebagai wujud persatuan dan integrasi antara taruna akademi TNI dan akademi kepolisian," jelas Jokowi.

Berikut ini peraih Adhi Makayasa 2021 dari TNI-Polri:

  1. Septian Haryono Pasaribu. Adhi Makayasa dari Akademi Militer
  2. Always Giving Hamonangan Tiris. Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut
  3. Abdul Muis. Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara
  4. Hary Indradjati. Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian.

Baca Juga: Nah! Netizen Curiga, Akun Medsos Presiden Jokowi Diduga Curi Gambar dari Media Turki

Komentar