alexametrics

Soal Flyer Biang Rusuh, Unggahan Wamendes Budi Arief Bikin Demokrat Malah Untung?

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Soal Flyer Biang Rusuh, Unggahan Wamendes Budi Arief Bikin Demokrat Malah Untung?
Wakil Menteri Desa dan PDT Budi Arie Setiadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

"Menurut saya malah ini jadi seperti memberi ruang bagi Demokrat untuk tampil untuk memperoleh dukungan publik."

Suara.com - Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menganggap Partai Demokrat justru memperoleh keuntungan dari postingan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi yang menuduh partai tersebut sebagai dalang di balik rencana rusuh pada aksi unjuk rasa. Bukannya rugi, Partai Demokrat malah dinilai bisa meraup simpatik dari masyarakat.

Budi sempat mengunggah sebuah flyer yang berisikan pesan seolah Partai Demokrat merencanakan kerusuhan di balut aksi unjuk rasa yang melibatkan kelompok mahasiswa. Alih-alih merugikan, Trubus malah menganggap kalau postingan Budi itu memberi nilai lebih bagi Demokrat.

"Menurut saya malah ini jadi seperti memberi ruang bagi Demokrat untuk tampil untuk memperoleh dukungan publik," kata Trubus saat dihubungi Suara.com, Senin (26/7/2021).

"Itu semua malah menguntungkan bagi Demokrat sendiri yang selama ini memang upaya-upaya untuk menjatuhkan pemerintah yang sekarang ini berarti seperti mendapatkan angin segar terus kan gitu," sambungnya.

Baca Juga: Soal Flyer Biang Rusuh, Demokrat Wajar Marah karena Tuduhan Wamendes Serius

Karena itu Trubus menilai kalau seharusnya Budi tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak penting seperti itu. Sebab selain menguntungkan Partai Demokrat sendiri, apa yang dilakukan Budi juga malah merugikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wamendes Budi Arie Setiadi unggah flyer Demokrat seolah dicap biang rusuh. (Facebook)
Wamendes Budi Arie Setiadi unggah flyer Demokrat seolah dicap biang rusuh. (Facebook)

"Jadi dari biaya dan keuntungan yang didapat itu ya enggak ada untungnya malah cost-nya terlalu besar kan menjatuhkan citra Jokowi sendiri menjatuhkan kabinet, menunjukkan di kabinet sendiri enggak kompak," ujarnya.

Unggahan Wamendes Bikin Demokrat Geram

Sebelumnya, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengunggah sebuah flyer digital yang membuat Partai Demokrat geram. Flyer yang dimaksud menggambarkan Partai Demokrat menjadi dalang dibalik rencana kerusuhan di tengah pandemi Covid-19.

Flyer itu diunggahnya melalui akun Facebook resminya bernama Budi Arie Setiadi pada Jumat (24/7/2021). Ia pun menganggap lucu pada flyer yang diunggahnya tersebut.

Baca Juga: Wamendes Budi Arie Unggah Poster Demokrat Dicap Biang Rusuh: Dapat Flyer Lucu Nih

"Dapat flyer lucu nih," ujar Budi seperti dikutip Suara.com, Senin.

Komentar