alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Rumah Ibas Putra Bungsu SBY Disegel KPK?

Reza Gunadha | Nur Afitria Cika Handayani
CEK FAKTA: Benarkah Rumah Ibas Putra Bungsu SBY Disegel KPK?
Fakta rumah Ibas disegel KPK. (Turnbackhoax.id)

Fakta soal rumah Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) disegel KPK.

Suara.com - Beredar narasi video yang menyebutkan rumah Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas putra bungsu SBY disegel oleh KPK karena terlibat kasus hambalang.

Narasi tersebut diunggah oleh kanal Youtube Teropong Istana pada Sabtu (24/7/2021) berjudul 'BERITA VIRAL ~ AKHIRNYA KPK SITA SELURUH ASET EDI BASKORO ~ BERITA TERBARU'.

Dalam thumbnail video tersebut, digambarkan sosok Ibas yang mengenakan rompi oranye. Selain itu, ada petugas KPK yang menjemputnya.

Berikut narasi thumbnail tersebut.

Baca Juga: CEK FAKTA: Driver Ojol Minta Jokowi Tak Cengengesan dan Turun dari Jabatan, Benarkah?

"Akhirnya terjadi! Rumah Edi Baskoro disegel terlibat kasus hambalang akhirnya KPK lakukan ini."

Fakta rumah Ibas disegel KPK. (Turnbackhoax.id)
Fakta rumah Ibas disegel KPK. (Turnbackhoax.id)

Lantas, benarkah narasi video tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id--jaringan Suara.com, narasi video yang menginformasikan rumah Ibas disegel KPK adalah hoax.

Foto thumbnail video tersebut merupakan gambar yang diedit. Terdapat bagian badan dari sosok yang digambarkan sebagai Ibas.

Baca Juga: Gejala Diare Akibat Covid-19, Cek Fakta-Fakta Di baliknya

Kemudian, dalam video berdurasi 10 menit 3 detik itu tidak menyampaikan informasi tentang penyegelan rumah Ibas yang dilakukan KPK.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar