alexametrics

Harga Tes PCR Ternyata Belum Turun, Klinik-klinik di Jakarta Masih Pasang Tarif Lama

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Harga Tes PCR Ternyata Belum Turun, Klinik-klinik di Jakarta Masih Pasang Tarif Lama
Tempat yang menjual jasa swab PCR di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. (Suara.com/Bagaskara)

"Belum turun sih masih standar lama harganya. Mungkin akan turun nanti cuman saat ini belum," sambungnya.

Suara.com - Batas harga tes Covid-19 PCR kekinian resmi diturun menjadi Rp495 ribu untuk di Jawa-Bali dan Rp525 ribu untuk di wilayah lain. Namun di sejumlah Klinik dan Rumah Sakit di Kawasan Mampang, Jakarta Selatan masih mematok harga lama.

Suara.com mencoba menyambangi beberapa Klinik dan Rumah Sakit yang menjajakan fasilitas tes covid di daerah Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (18/8/2021). Faktanya, harga tes covid PCR di kawasan tersebut rata-rata masih berkisar Rp700 ribu sampai Rp800 ribu.

Klinik pertama yang didatangi, terlihat masih memang spanduk atau baliho harga tes PCR yang dijajakan yakni untuk sekali PCR dengan hasil waktu satu hari jadi sebesar Rp695 ribu.

Salah satu petugas yang ditemui di Klinik tersebut mengatakan, pihaknya memang masih mematok harga yang lama. Ia mengaku belum ada perintah dari otoritas Klinik untuk menurunkan harga tes PCR.

Baca Juga: Kimia Farma Pastikan Sudah Terapkan Harga Tes PCR Rp 495.000 di Seluruh Klinik

"Kalau untuk PCR harganya sekitar 700 ribuan mas. Sameday biasanya agak lebih mahal lagi 1×24 jam. Kami di sini untuk antigen sih 75 ribu, untuk PCR langsung di rumah sakitnya ini hanya klinik," kata salah satu petugas yang ditemui Suara.com.

"Belum turun sih masih standar lama harganya. Mungkin akan turun nanti cuman saat ini belum," sambungnya.

Bergeser ke Klinik yang lainnya yang juga menjajakan tes covid PCR terlihat harga yang dipatok masih berkisar Rp595 ribu untuk hasil waktu 10 sampai 15 jam.

Sementara untuk harga PCR dengan hasil waktu satu hari jadi berkisar Rp675 ribu. Ketika ditanya lagi-lagi petugas Klinik mengaku belum menerima perintah terkait penurunan harga tes PCR.

Adapun berdasarkan pantauan saat Suara.com menyambangi sejumlah klinik tersebut masyarakat tampak sepi untuk melakukan tes. Terlihat hanya satu hingga dua orang yang datang sesekali untuk melakukan tes swan Antigen yang harganya jauh lebih murah.

Baca Juga: Tes PCR Rp 495 Ribu Hanya Berlaku di Lima Kota, Daerah Lain Tambah Ongkir

Harga Turun

Komentar