alexametrics

Bacaan Doa Dzikir Sore Lengkap dengan Artinya

Rifan Aditya
Bacaan Doa Dzikir Sore Lengkap dengan Artinya
Bacaan Doa Dzikir Sore Lengkap dengan Artinya - Ilustrasi [shutterstock/Lenar Musin]

Berikut adalah bacaan doa dzikir sore lengkap dengan artinya

Suara.com - Pada waktu sore (petang) adalah waktu yang tepat untuk berdzikir. Doa dzikir sore merupakan amalan ibadah sunnah yang dianjurkan yang menjadi salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa dzikir sore dapat dilaksanakan saat tenggelamnya matahari hingga batas shalat Isya. Allah SWT memerintahkan kepada setiap umat-Nya untuk selalu berdzikir sebagaimana telah tercantum pada Surat Al-Ahzab ayat 41-42 yang berbunyi sebagai berikut.

"Dan bertasbihlah kepada Nya diwaktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat Nya (memohonkan ampun untukmu). supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman." (QS. Al-Ahzab: 42-43).

Dalam sebuah riwayat hadits, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa siapa yang membaca dzikir maka ia akan dikelilingi oleh malaikat. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu majlis yang di dalamnya menyebut (dzikir) nama Allah, melainkan malaikat mengepungnya dalam rahmat menyelimutinya, dan Allah menyebut mereka sebagai golongan yang berada di sisi-Nya." (HR. Muslim)

Baca Juga: LENGKAP Panduan Doa Zikir Setelah Sholat

Berikut adalah bacaan doa dzikir sore lengkap dengan artinya

Ada beberapa ayat dalam Al Quran yang dapat dibaca untuk dzikir sore.

Al-Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursi)

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumm, laa ta'khuduhuu sinatun wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa bainaa aidiihiim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai-in min 'ilmihii ilaa bimaa syaa-a, wa si'a kursiyyuhussamaawaati wal ardhi, wa laa ya-uuduhu hifzhuhumaa wa huswal 'aliyyul 'azhiim"

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (Makhluk Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang ada dilangit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisiNya tanpa seizinNya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Baca Juga: Bacaan Doa Dzikir Setelah Sholat Lengkap dengan Artinya

Dzikir Meminta Ampunan dan Keselamatan

Komentar