alexametrics

7 Amalan yang Tak Putus Meski Sudah Wafat

Rifan Aditya
7 Amalan yang Tak Putus Meski Sudah Wafat
7 Amalan yang Tak Putus Meski Sudah Wafat - Ilustrasi masjid di Depok, Jawa Barat (Shutterstock)

Setiap manusia yang hidup akan tiada. Setelah tiada, maka terputus juga amalannya. Namun ada 7 amalan yang tak putus meski sudah wafat atau meninggal dunia.

Suara.com - Setiap manusia yang hidup akan tiada. Setelah tiada, maka terputus juga amalannya. Namun ada 7 amalan yang tak putus meski sudah wafat atau meninggal dunia. 

Mengenai amalan yang tak putus meski kita sudah tiada atau wafat tersebut tercantum juga dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

Artinya: "Sesungguhnya di antara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar¬luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan, sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya.” 

Dalam hadis yang sudah disebutkan di atas, berikut ini sekilas penjelasan mengenai 7 amalan yang tak putus meski sudah wafat tersebut.

Baca Juga: Keutamaan Doa Bulan Safar, Dijauhkan dari Siksa Akhirat

1. Ilmu yang Bermanfaat

Siswa berdoa usai pengenalan lingkungan sekolah pada hari pertama pembelajaran di SDN 1 Lhokseumawe, Aceh, Senin (12/1/2021).  ANTARA FOTO/Rahmad
Siswa berdoa usai pengenalan lingkungan sekolah pada hari pertama pembelajaran di SDN 1 Lhokseumawe, Aceh, Senin (12/1/2021). ANTARA FOTO/Rahmad

Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah menyebutkan salah satu amalan yang tak putus meski sudah wafat yaitu menyebarkan ilmu yang bermanfaat ke khalayak luas, seperti: sekolah, forum diskusi, dakwah, ceramah, buku, dan lain sebagainya.

2. Anak yang Shaleh

7 Amalan yang Tak Putus Meski Sudah Wafat - 2

Dalam hadis tersebut juga menyebutkan bahwa anak yang saleh selalu akan memberikan kebaikan pada dunia. Pahala anak Shaleh ini juga akan sampai ke orang tua yang sudah mendidiknya dengan baik meski telah wafat.

3. Mewariskan Buku Agama

Baca Juga: Jadi Salah Satu Amalan Sunnah di Hari Jumat, Ini Keutamaan Baca Sholawat Nabi

Amalan berikutnya yang tak pernah putus yaitu mewariskan buku agama atau mushaf, yang mana mushaf atau buku agama tersebut mampu memberikan manfaat atau kebaikan bagi diri sendiri maupun khalayak luas.

Komentar