alexametrics

Divonis Melawan Hukum soal Polusi Udara, Anies Pamer Foto Langit Biru Jakarta

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Divonis Melawan Hukum soal Polusi Udara, Anies Pamer Foto Langit Biru Jakarta
Divonis Melawan Hukum soal Polusi Udara, Anies Pamer Foto Langit Biru Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram)

"Langit biru Jakarta hari ini. Hari ini juga, PN Jakpus mengabulkan gugatan Koalisi Ibu Kota terkait polusi udara,"

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai putusan pengadilan yang mengabulkan gugatan Koalisi Ibu Kota terkait polusi udara. Ia sendiri bahkan ikut mengumumkan soal hasil persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu.

Anies mengumumkannya lewat akun twitter pribadinya @aniesbaswedan pada Kamis (16/9/2021) pukul 16.27 WIB. Dalam cuitannya itu, ia mengunggah foto pemadangan langit biru Jakarta yang terlihat cerah.

Dalam foto yang diunggah itu, terlihat gedung-gedung bertingkat. Lalu terdapat awan putih mengepul dengan jelasnya di belakang gedung itu.

"Langit biru Jakarta hari ini. Hari ini juga, PN Jakpus mengabulkan gugatan Koalisi Ibu Kota terkait polusi udara," ujar Anies.

Baca Juga: Anies Baswedan Hingga Jokowi Kalah di Pengadilan, Ketahui 5 Dampak Buruk Polusi Udara

Divonis Melawan Hukum soal Polusi Udara, Anies Pamer Foto Langit Biru Jakarta. (Instagram Anies)
Divonis Melawan Hukum soal Polusi Udara, Anies Pamer Foto Langit Biru Jakarta. (Instagram Anies)

Majelis Hakim memutuskan Anies bersama sejumlah pihak seperti Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, dan lainnya selaku tergugat dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan ketentuan dari segala peraturan perundang-undangan terkait.

Perbuatan melawan hukum yang dilakukan tergugat akhirnya membuat polusi udara terjadi.

Menanggapi putusan itu, Anies mengaku akan menerimanya. Ia bahkan menyatakan tidak akan melayangkan banding untuk mengubah isi putusan.

"Pemprov DKI Jakarta memutuskan TIDAK banding," jelasnya.

Anies dan tergugat lainnya diminta untuk melakukan empat hal. Mulai dari melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang menimbulkan polusi udara, menghukum pelanggar, melakukan evaluasi, hingga menetapkan baku mutu udara di ibu kota.

Baca Juga: Kalah Gugatan Polusi Udara, Anies Dihukum Lakukan 4 Hal Ini

Mantan Mendikbud itu pun menyatakan akan mengikuti perintah majelis hakim tersebut. Menurutnya hal itu penting dilakukan demi mewujudkan Jakarta bebas polusi udara.

"Dan siap menjalankan putusan pengadilan demi udara Jakarta yang lebih baik," pungkasnya.

Komentar