alexametrics

Niat Puasa Ayyamul Bidh untuk 20-22 September 2021

Rifan Aditya
Niat Puasa Ayyamul Bidh untuk 20-22 September 2021
Niat Puasa Ayyamul Bidh untuk 20-22 September 2021 - Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Berikut bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh dan artinya.

Suara.com - Tanggal 13,14, dan 15 setiap bulan dalam penanggalan hijriah, umat Islam dianjurkan menjalankan puasa sunnah Ayyamul Bidh. Jadwal puasa Ayyamul Bidh pada bulan ini bertepatan pada tanggal 20-22 September 2021. Nah, bagaimana niat puasa Ayyamul Bidh?

Puasa Ayyamul Bidh berarti puasa putih yang dimaksud ketika bertepatan dengan kondisi alam ketika bulan sedang terang. Puasa sunnah ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW di setiap pertengahan bulan hijriah.

Perintah untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh sebagaimana dalam Ibnu Milhan Al Qoisiy dari ayahnya ia berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah)." (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Niat Puasa Ayyamul Bidh 

Baca Juga: Ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh September Beserta Artinya

Berikut bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh dan artinya:

"Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta'ala.”

Artinya: "Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunnah karena Allah Ta'ala.”

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh memiliki beberapa keutamaan bagi setiap umat muslim. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan keutamaan – keuatamaan puasa Ayyamul Bidh:

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh September 2021 dan Hadits yang Meriwayatkannya

1. Menjalankan ajaran Rasulullah SAW

Menunaikan puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan yaitu mengamalkan ajaran Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menyampaikan nasihat kepada para sahabatkan. Dari Abu Hurairah r.a., berkata:

"Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: (1) mengerjakan puasa selama tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan salat Dhuha, (3) mengerjakan salat witir sebelum tidur." (HR. Bukhari).

2. Seperti berpuasa sepanjang tahun

Amalan berpuasa Ayyamul Bidh ini memiliki keutamaan seperti melakukan puasa sepanjang tahun. Satu hari berpuasa sunnah, maka kebaikan yang kita dapatkan berlipat ganda sebanyak 10 hari kebaikan, jika berpuasa 3 hari dalam satu bulan maka akan mendapatkan 30 hari kebaikan. Jika berpuasa sunnah selama satu tahun akan mendapatkan amalan seperti berpuasa sepanjang tahun.

3. Mendapatkan Surga Ar Rayyan

Surga Ar Rayyan merupakan salah satu pintu surga yang diperuntukkan bagi umat muslim yang sering berpuasa semasa hidupnya.

"Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut "ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, "Mana orang yang berpuasa." Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya." (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh bulan September – Desember 2021

  • Safar 1442: 20-22 September 2021
  • Rabiul Awal 1442: 20-22 Oktober 2021
  • Rabiul Akhir 1442: 18-20 November 2021
  • Jumadil Awal 1442: 17-19 Desember 2021

Demikian penjelasan tentang niat Puasa Ayyamul Bidh beserta keutamaan dan jadwal lengkapnya. Selamat berpuasa untuk yang menjalankan. 

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar