alexametrics

Cara Cegah Depresi Menurut Buya Yahya

Rifan Aditya
Cara Cegah Depresi Menurut Buya Yahya
Cara Cegah Depresi Menurut Buya Yahya - Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya [YouTube/AL-Bahjah TV]

Selain dengan obat, menurut ulama, ada langkah khusus atau cara cegah depresi. Berikut ini cara cegah depresi menurut Buya Yahya.

Suara.com - Sebagian orang yang merasa masalah hidupnya terlalu berat mungkin akan mengalami stres hingga berujung pada depresi. Selain dengan obat, menurut ulama, ada langkah khusus atau cara cegah depresi. Berikut ini cara cegah depresi menurut Buya Yahya, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon.

Penting untuk mencari cara mengatasi depresi agar tidak sampai melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, ada banyak kasus bunuh diri karena depresi, dan bahkan ada seorang ibu yang sampai tega membunuh anaknya sendiri karena depresi.

Depresi bisa mempengaruhi psikologis seseorang dan bahkan hingga bisa merusak otak manusia. Buya Yahya dalam sebuah acara dakwah membagikan sebuah cara untuk mencegah depresi, seperti dilansir dari video Youtube Al-Bahjah TV yang diunggah pada 23 September 2021.

"Kami himbau kepada siapapun yang mulai ada tanda-tanda kegelisahan, stres, atau depresi untuk segera cari obatnya," kata Buya Yahya.

Baca Juga: Melarang Mertua Tinggal Serumah, Apakah Boleh? Ini Jawaban Buya Yahya

Cara Cegah Depresi Menurut Buya Yahya

Cara mencegah depresi yang pertama adalah mencari ketenangan dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian mencari solusi yang tepat dengan mendatangi orang-orang yang bisa membantunya.

Buya Yahya juga memperingatkan untuk tidak minum obat jika tingkatan depresi masih belum terlalu tinggi. Obat hanya digunakan sebagai solusi terakhir jika depresi sudah berada pada tingkat tinggi.

"Ingat jangan minum obat, karena obat hanya digunakan sebagai solusi terakhir jika depresi sudah tingkat tinggi. Harus diberi wawasan dulu agar sadar dan mengerti, baru setelah itu dia akan lebih tenang," ucap Buya Yahya.

Tapi jika memang memerlukan obat, maka boleh segera datang ke psikiater dan minum obat sesuai dengan yang dianjurkan dokter. Pasalnya, depresi harus segera diobati, sebelum sampai melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mengulik Sejuta Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental

"Harus diobati. Jangan sampai membunuh anaknya, membunuh istrinya, atau membunuh suaminya. Itu depresi tingkat tinggi, jika sampai membunuh dirinya sendiri," kata Buya.

Komentar