alexametrics

Bacaan Niat Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Rifan Aditya
Bacaan Niat Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan
Bacaan Niat Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan - Sejumlah santri dan pelayat melakukan salat jenazah KH Hasyim Muzadi di Pondok pesantren Al Hikam, Cenggerayam, Malang, Jawa Timur, Kamis (11/3). [Antara Foto/Ari Bowo Sucipto/aww/17]

Berikut ini bacaan niat sholat jenazah lengkap dengan artinya.

Suara.com - Dalam islam, mensholatkan jenazah menjadi salah satu syarat mengurusi jenazah setelah dikafani, sebelum kemudian dimakamkan ke dalam liang lahat. Berikut ini bacaan niat sholat jenazah lengkap dengan artinya. 

Diketahui, jika ada seorang muslim meninggal dunia, maka hukumnya wajib bagi muslim lainya untuk mengurus jenazah tersebut. Setidaknya, ada empat kewajiban bagi setiap muslim jika ada seorang muslim yang meninggal dunia.

Adapun empat kewajiban tersebut di antaranya yaitu: (1) memandikan, (2) mengkafani, (3) mensholati, dan (4) mengubur. Dalam proses pelaksanaannya, dianjurkan bagi setiap muslim untuk menjalankannnya sesuai dengan sunnah yang telah ditentukan.

Seperti yang sudah diketahui, hukum sholat jenazah adalah fardhu kifayah, yakni wajib dikerjakan bersama-sama dan tidak perseorangan. Oleh karena itu, apabila terdapat sebagian kaum muslimin yang menunaikannya, maka orang yang tak menunaikannya tak mendapat dosa.

Baca Juga: Niat Sholat Gerhana Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaanya

Namun, apabila tak ada kaum muslimin yang menunaikan sholat jenazah, maka semua kaum muslimin akan mendapat dosa. Diketahui, bacaan niat sholat jenazah perempuan dan laki-laki berbeda.

Bacaan Niat Sholat Jenazah

Untuk mengerjekan sholat jenazah, harus mengetahui bacaan niatnya terlebih dahulu. Diketahui, niat sholat jenazah perempuan dan jenazah laki-laki berbeda. Adapun bacaan niat sholat jenazah yaitu seperti berikut ini:

"Usholli 'alaa haadzal mayyiti arba'a takbirootin fardhol kifaayati makmuuman lillahi ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat sholat atas mayat ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Taala."

Baca Juga: Niat Sholat Hajat Lengkap dengan Tata Cara dan Doa-Doanya

  • Bacaan latin niat sholat jenazah untuk jenazah perempuan

"Usholli 'alaa haadzihil mayyitati arba'a takbiratatin fardhol kifayaatai ma'muuman lillahi ta'aala."

Komentar