alexametrics

Olahraga Nasional Habiskan Dana Besar Tapi Hasil Tak Maksimal, Wapres Segera Rapatkan

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Olahraga Nasional Habiskan Dana Besar Tapi Hasil Tak Maksimal, Wapres Segera Rapatkan
Wakil Presiden Maruf Amin (Dok. KIP-Setwapres)

"Selama ini kan olahraga nasional itu semua ditangani banyak menghabiskan biaya tapi output dan outcomenya kurang maksimal," kata Masduki.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menemui Wakil Presiden Maruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021). Kehadirannya tersebut bermaksud untuk meminta arahan Maruf terkait Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON.

DBON tersebut dipayungi hukum Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Perpres itu ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 9 September 2021.

Juru bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi menjelaskan DBON bisa lahir karena ekosistem olahraga Indonesia yang dirasa mesti ditata ulang. Sebelum perpres ditetapkan, pemerintah sempat membahas soal kondisi olahraga nasional dengan menggandeng banyak stakeholder serta para ahli.

Selain itu, pemerintah juga merasa kalau negara kerap mengeluarkan anggaran besar bagi olahraga nasional namun hasilnya masih kurang memuaskan.

Baca Juga: Kena Sanksi WADA, Jokowi Perintahkan Reformasi LADI Secara Total

"Selama ini kan olahraga nasional itu semua ditangani banyak menghabiskan biaya tapi output dan outcomenya kurang maksimal," kata Masduki melalui rekaman video, Rabu (27/10/2021).

Alasan Menpora Zainudin mendatangi Maruf karena sesuai dengan perpres, Maruf menjabat sebagai Ketua Tim Koordinasi Pusat DBON. Sementara wakil ketuanya ialah Menko PMK dan anggotanya terdiri dari 12 menteri terkait.

"Menteri melaporkan dan meminta arahan kepada bapak Wapres," ujarnya.

Dalam BDON tersebut, pemerintah akan fokus melakukan penataan ulang terhadap 14 cabang olahraga yang menjadi unggulan bagi Indonesia, seperti bulu tangkis, angkat besi dan lainnya.

Menanggapi permintaan arahan dari Menpora Zainudin, Maruf pun memerintahkan untuk segera melakukan rapat koordinasi.

Baca Juga: Maruf Amin Ziarah ke Makam Pahlawan KHR Asad Syamsul Arifin di Situbondo

"Mungkin nanti akan segera rapat bersama dikoordinasi oleh Wapres."

Komentar