alexametrics

Istana Digeruduk Buruh dan Mahasiswa, Jalan Merdeka Barat Ditutup Polisi

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Istana Digeruduk Buruh dan Mahasiswa, Jalan Merdeka Barat Ditutup Polisi
Polisi menutup Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat dari simpang Patung Kuda hingga simpang Jalan Harmoni menyusul demonstrasi para buruh dan mahasiswa pada Kamis (28/10/2021). (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Pantauan Suara.com di lokasi, polisi menutup kedua ujung jalan dengan kawat berduri dilapisi dengan mobil water canon.

Suara.com - Polisi menutup Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat dari simpang Patung Kuda hingga simpang Jalan Harmoni menyusul demonstrasi para buruh dan mahasiswa pada Kamis (28/10/2021).

Pantauan Suara.com di lokasi, polisi menutup kedua ujung jalan dengan kawat berduri dilapisi dengan mobil water canon.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan para pendemo akan ditahan untuk melakukan aksi di simpang Patung Kuda, tidak bisa ke depan Istana Kepresidenan.

"Iya kita tahan di sini (patung kuda), kita sekat di depan gedung santa pesona," kata Sambodo di Simpang Patung Kuda, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Emak-emak Ikut Demo, Bentangkan Spanduk Jokowi Mundur hingga Poster Bebaskan Habib Rizieq

Dia menyebut penutupan jalan ini bersifat situasional hingga demonstrasi selesai, pengendara diharapkan mencari jalan alternatif lain.

"Penutupan hari ini sekitaran patung kuda Sapta pesona, kemudian dari Harmoni sama dari arah Gambir ke arah Istana, mungkin nanti semua sifatnya situasional menunggu pergerakan di lapangan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Nining Elitos mengatakan mereka bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan membawa 13 tuntutan rakyat sebagai bentuk evaluasi terhadap 2 tahun kinerja pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin, sekaligus bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

"Rezim hari ini gagal melindungi dan mensejahterahkan rakyatnya, ini menjadi tugas kita membangun persatuan dan kekuatan rakyat agar rakyatlah yang menjadi pemilik bangsa kita, bukan kepentingan oligarki orang-orang rakus," kata Nining.

Aksi ini akan digelar mulai dari pukul 11.00 WIB berkumpul di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat lalu melakukan longmarch ke depan Istana Kepresidenan di sisi utara.

Baca Juga: Polisi Berbaju Hazmat Turut Dikerahkan Jaga Demo Buruh Dan Mahasiswa Di Istana

Elemen buruh yang turut bergabung dalam aksi ini antara lain, Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Sentral Gerakan Buruh Nasional (SGBN), Konfederasi Serikat Nasional (KSN), Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI).

Komentar