alexametrics

Ombudsman RI Sebut Keluhan Masyarakat Terkait Pelayanan Publik Meningkat Selama Pandemi

Agung Sandy Lesmana
Ombudsman RI Sebut Keluhan Masyarakat Terkait Pelayanan Publik Meningkat Selama Pandemi
Gedung Ombudsman RI di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. [Suara.com/Adhitya Himawan]

Indikasi ini menunjukkan bahwa proses penyelenggaraan publikselama pandemi itu cenderung ada meningkat keluhannya.

Suara.com - Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengatakan keluhan masyarakat terkait proses penyelenggaraan pelayanan publik selama pandemi Covid-19 cenderung mengalami peningkatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Najih pada Kamis (28/10/2021) dalam diskusi daring “Evaluasi Pelayanan Publik Saat Pandemi Covid-19”.

Data “Jumlah Akses Masyarakat Kepada Ombudsman” periode 2017 hingga 28 Oktober 2021 menunjukkan jumlah akses masyarakat kepada Ombudsman saat pandemi Covid-19 meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Walau terjadi penurunan pada 2021, jumlah akses masyarakat kepada Ombudsman selama pandemi, baik pada 2020 maupun 2021, terhitung cukup tinggi daripada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ombudsman Sumut Soroti Aturan Penumpang Pesawat Wajib PCR-Kru Boleh Antigen

“Kalau kita lihat di sini antara 2020 sampai 2021, itu dinamikanya ternyata pengaduan atau pelaporan masyarakat itu tidak turun, tetapi semakin meningkat,” jelas Najih.

“Indikasi ini menunjukkan bahwa proses penyelenggaraan publik selama pandemi itu cenderung ada meningkat keluhannya.”

Najih menyampaikan bahwa instansi yang paling banyak dilaporkan ke Ombudsman selama pandemi Covid-19 adalah pemerintah daerah, dengan jumlah laporan sebanyak 2758 laporan pada 2020 dan 2422 laporan pada 2021.

Selain pemerintah daerah, instansi lainnya yang juga banyak dilaporkan ke Ombudsman selama pandemi Covid-19 di antaranya adalah Badan Pertahanan Nasional, kepolisian, instansi pemerintahan/kementerian, dan BUMN/BUMD.

“Data sementara per 28 Oktober, tadi malam (pukul 00.00 WIB), pemerintah daerah masih menduduki posisi yang sangat tinggi, jauh dengan badan-badan yang lain,” ujar Najih sambal menunjukkan data terkait jumlah laporan berdasar kelompok instansi terlapor.

Baca Juga: Ombudsman Periksa Sejumlah Instansi Pemprov DKI soal Ganti Rugi Warga Rusun Petamburan

(Jacinta Aura Maharani)

Komentar