facebook

Kiper Tim Sepak Bola Putri Iran Diduga Pria, Fotonya Bikin Heboh

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Kiper Tim Sepak Bola Putri Iran Diduga Pria, Fotonya Bikin Heboh
Ilustrasi kiper. (Youtube)

"Tuduhan ini hanya alasan untuk tidak menerima kekalahan melawan tim nasional wanita Iran."

Suara.com - Yordania meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menyelidiki dan menentukan jenis kelamin kiper tim sepak bola putri Iran karena mereka menduga, tim itu memiliki kiper pria.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Yordania, Pangeran Ali Bin Al-Hussein, mencuit pada hari Minggu bahwa surat itu "meminta pemeriksaan verifikasi gender" pada penjaga gawang Iran yang diduga menyamar sebagai seorang wanita.

Hussein menggambarkannya ini sebagai masalah yang sangat serius dan jika benar, ia meminta AFC untuk mengusut kasusnya hingga tuntas.

Menyadur Times of Israel Rabu Rabu (17/11/2021), Teheran menyangkal pelanggaran dan tim pemilih, Maryam Irandoost, mengatakan sudah memeriksa dengan cermat setiap pemainnya.

Baca Juga: Sabet Medali Emas, Tim Sepak Bola Putri Papua Gelar Pesta Bakar Batu

“Staf medis telah memeriksa hormon setiap pemain di tim nasional dengan cermat untuk menghindari masalah seperti ini, jadi saya memberi tahu penggemar untuk tidak khawatir,” kata Irandoost pada situs olahraga Varzesh3.

Kiper tim sepak bola putri Iran diduga pria. (Facebook/Soliman Nabeul)
Kiper tim sepak bola putri Iran diduga pria. (Facebook/Soliman Nabeul)

"Kami akan memberikan dokumentasi apa pun yang diinginkan Konfederasi Sepak Bola Asia tanpa membuang waktu."

Iran mengalahkan Yordania 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol pada 25 September untuk lolos ke Piala Asia Wanita 2022. Kemenangan ini sekaligus pertama kali dalam sejarah Iran.

Penjaga gawang Iran Zohreh Koudaei berhasil memblokir dua upaya gol oleh tim Yordania, menghasilkan kualifikasi Iran. Irandoost mengatakan tuduhan itu digunakan untuk menutupi kerugian Yordania.

"Tuduhan ini hanya alasan untuk tidak menerima kekalahan melawan tim nasional wanita Iran," katanya.

Baca Juga: Tim Sepak Bola Putri Tuan Rumah Sabet Emas, Pelatih: Sejarah Terukir di Tanah Papua

Kiper tim sepak bola putri Iran diduga pria. (Facebook/Soliman Nabeul)
Kiper tim sepak bola putri Iran diduga pria. (Facebook/Soliman Nabeul)

"Tim Yordania menganggap diri mereka sebagai favorit besar untuk lolos ... dan ketika mereka kalah ... wajar untuk mencari bantuan dengan alasan palsu, dan untuk melarikan diri dari tanggung jawab atas kegagalan ini."

Piala Asia Wanita AFC 2022 akan dimulai di India pada Januari. Sementara itu sebelumnya, pria Iran yang bermain sebagai wanita pernah terjadi tahun 2014.

Telegraph melaporkan tes gender wajib dilaksanakan setelah beberapa pemain - termasuk empat di tim nasional wanita - ditemukan sebagai pria yang belum menjalani operasi penggantian kelamin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar