alexametrics

Eks Penyidik KPK Robin Bongkar Keterlibatan Lili Pintauli dalam Perkara Wako Tanjungbalai

Chandra Iswinarno | Welly Hidayat
Eks Penyidik KPK Robin Bongkar Keterlibatan Lili Pintauli dalam Perkara Wako Tanjungbalai
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. (Antara/ Reno Esni)

Terdakwa Stepanus Robin Pattuju eks Penyidik KPK membeberkan keterlibatan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli dalam perkara suap penanganan perkara eks Wali Kota Tanjungbalai.

Suara.com - Terdakwa Stepanus Robin Pattuju eks Penyidik KPK dari Unsur Polri membeberkan keterlibatan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam perkara suap penanganan perkara eks Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

Robin menyampaikan hal itu ketika dihadirkan sebagai untuk terdakwa Advokat Maskur Husein di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (22/11/2021).

Robin menjelaskan, awalnya dirinya dihubungi Syahrial yang meminta perkembangan apakah perkaranya terkait Tanjungbalai tetap berlanjut sampai di penyidikan.

Alasan Syahrial menelepon Robin, karena sebelumnya Syahrial, dihubungi Lili Pintauli Siregar. Terkait kelanjutan permasalahan perkaranya di KPK.

Baca Juga: Sekda Tanjung Balai Didakwa Suap Rp 100 Juta ke Wali Kota Syahrial

"Saya dihubungi lagi oleh Syahrial. Pada saat itu jam kantor, saya ingat, Syahrial nelpon saya siang, dia mengatakan bahwa; 'Bang, ini udah dapat informasi belum soalnya saya. Barusan dihubungi sama Bu Lili (Pimpinan KPK) yang menyatakan bahwa; 'Rial, ini gimana berkasmu ada di meja saya ?' Terus dijawab sama Syahrial: 'Terus gimana, Bu? Dibantu lah Bu'. Terus Bu Lili menyampaikan: 'Ya sudah kalau mau dibantu kamu ke Medan ketemu dengan pengacara namanya Fahri Aceh," ucap Robin mengulang percakapannya dengan Syahrial

Ketika itu, Robin mengaku belum mengetahui maksud Syahrial diberitahukan informasi terkait perkaranya dari Lili Pintauli. Sehingga, Robin bertanya kepada Syahrial siapa yang dimaksud Lili tersebut.

"Syahrial menyampaikan ke saya 'Ini saya sudah dapat konfirmasi betul.' Terus saya tanya itu; Ibu Lili yang dimaksud siapa?' 'Ibu Lili Wakil Ketua KPK.' 'O, berarti Abang ini ada komunikasi dengan Ibu Lili?'. 'Ada, sa disuruh untuk menghubungi yang namanya Arif Aceh," ucap Robin

Kemudian, Syahrial pun bertanya kepada Robin. Apakah kenal dengan Arief Aceh nama pengacara yang direkomendasikan oleh Lili Pintauli Siregar.

"Syahrial tanya, 'kenal gak yang namanya Arif Aceh? Apakah dia orang KPK atau ?' Saya bilang kalau di KPK nggak ada namanya Arif Aceh," ucap Robin

Baca Juga: Buka-bukaan Eks Pejabat Lampung Tengah Serahkan Fee Rp 2 Miliar Demi Jatah DAK Rp 25 M

Robin pun akhirnya mencari tahu siapa Arief Aceh melalui Maskur Husein. Adapun yang disampaikan Maskur bahwa Arief adalah seorang 'pemain'.

Komentar