alexametrics

Ancaman Varian Omicron, Wagub DKI Minta Pusat Lakukan Pencegahan di Pintu Masuk Indonesia

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Ancaman Varian Omicron, Wagub DKI Minta Pusat Lakukan Pencegahan di Pintu Masuk Indonesia
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan pernyataan pada awak media di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/11/2021). [ANTARA/Ricky Prayoga]

Pihaknya pun juga sudah meminta jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI mewaspadai varian baru Omicron.

Suara.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya juga tengah mewaspadai kemunculan varian baru Covid-19 B.1.1.529 Omicron. Riza meminta adanya tindakan pencegahan penularan dari hulu.

Pencegahan dari hulu yang dimaksud Riza ini adalah campur tangan dari pemerintah pusat. Fasilitas transportasi, khususnya tempat seperti bandara yang menjadi pintu masuk orang dari luar negeri harus menjadi perhatian khusus.

"Kami terus diskusi dengan pemerintah pusat, yang utama tentu pencegahan di hulu dan di pintu masuk, khususnya di bandara, pelabuhan, dan di tempat-tempat umum," ucapnya, Senin (29/11/2021).

Pihaknya pun juga sudah meminta jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI mewaspadai varian baru Omicron. Apalagi virus tersebut dinilai lebih berbahaya dari jenis mutasi lainnya.

Baca Juga: Legislator Usul Kemenhub Sediakan Fasilitas Karantina Cegah Virus Baru Omicron

"Dinkes juga sedang mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan penanganan (varian Omicron)," katanya.

Karena itu, ia meminta agar masyarakat terap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 secara disiplin. Jika lengah, dikhawatirkan nantinya akan muncul gelombang ketiga Covid-19 di ibu kota.

"Yang lebih penting adalah kita semua warga Jakarta di masa pelonggaran ini harus waspada dan lebih hati-hati," pungkasnya.

Komentar