alexametrics

Varian Omicron Sudah Sampai di Amerika Utara, Dua Kasus Muncul di Ontario

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Varian Omicron Sudah Sampai di Amerika Utara, Dua Kasus Muncul di Ontario
Bendera Kanada. (Shutterstock)

Fauci mengatakan vaksin booster bisa memberikan perlindungan tambahan.

Suara.com - Virus corona varian Omicron dilaporkan sudah masuk ke Amerika Utara dengan dua kasus terdeteksi d Ontario, Kanada.

Menyadur NBC News Selasa (30/11/2021), pejabat tinggi kesehatan Ontario Christine Elliott dan Kieran Moore mengatakan dua orang yang datang dari Nigeria dites positif untuk varian tersebut.

Pelacakan kontak sedang dilakukan untuk menentukan apakah orang lain di negara itu mungkin terjangkiti.

"Kami terus mendesak pemerintah federal untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamanatkan pengujian titik kedatangan untuk semua pelancong terlepas dari dari mana mereka berasal untuk lebih melindungi terhadap penyebaran varian baru ini."

Baca Juga: CEO Moderna Sebut Vaksin Kurang Ampuh Lawan Varian Omicron

Ontario telah memfokuskan pengujian Covid-19 cepat pada pelancong yang pernah ke Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambik, Namibia dan Zimbabwe, kata pernyataan itu.

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

Dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan pada hari Sabtu di “Weekend TODAY” NBC bahwa varian ini mungkin sudah ada di AS.

"Kami belum mendeteksinya, tetapi ketika Anda memiliki virus yang menunjukkan tingkat penularan ini dan Anda sudah memiliki kasus terkait perjalanan yang telah dicatat di Israel dan Belgia dan di tempat lain - ketika Anda memiliki virus seperti ini, hampir selalu pada akhirnya akan menyebar ke mana-mana," katanya.

Fauci, yang bertemu hari Minggu dengan Presiden Joe Biden, mengatakan vaksin yang ada kemungkinan akan memberikan "tingkat" perlindungan terhadap kasus Covid-19 yang parah, Gedung Putih mengatakan dalam pembacaan yang mengutip pernyataannya.

Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Anthony Fauci [AFP]
Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Anthony Fauci [AFP]

Fauci juga menegaskan suntikan booster memberikan perlindungan tambahan, kata Gedung Putih.

Baca Juga: Ancaman Varian Omicron, Bupati Bantul: Masyarakat Jangan Hanya Andalkan Vaksin

Biden diharapkan memberikan pembaruan pada hari Senin tentang tanggapan AS terhadap varian tersebut. Pembacaan Minggu sore tidak menyebutkan penemuan Ontario.

Penyebaran varian omicron mendorong Israel untuk menutup perbatasannya dengan para pelancong pada hari Sabtu, dengan beberapa pengecualian.

Komentar