alexametrics

Wudhu Sebelum Tidur, Ini Efek Luar Biasa yang Kamu Rasakan

Rifan Aditya
Wudhu Sebelum Tidur, Ini Efek Luar Biasa yang Kamu Rasakan
Wudhu Sebelum Tidur, Ini Efek Luar Biasa yang Kamu Rasakan - Ilustrasi wudhu, berwudhu, muslim (Elemen Envato)

Tahukah Anda, jika wudhu sebelum tidur itu sangat dianjurkan bagi umat muslim?

Suara.com - Tahukah Anda, jika wudhu sebelum tidur itu sangat dianjurkan bagi umat muslim? Seluruh umat muslim dianjurkan untuk berwudhu karena terdapat banyak sekali keutamaan yang terkandung dalam sunnah wudhu sebelum tidur.

Pada dasarnya, wudhu tidak hanya bisa dilakukan sebelum mendirikan shalat, sebelum membaca Al-Quran, atau beribadah lainnya. Bahkan wudhu sebelum tidur juga dapat dilakukan dan akan memberikan efek yang luar biasa. 

Sebisa mungkin, wudhu juga sebaiknya dilakukan kapan dan di mana saja, bahkan ketika seseorang tidak akan mendirikan ibadah sekalipun. Wudhu juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan sebelum tidur. 

Diriwayatkan dari Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga: Uang Kas Masjid Haram untuk Pengajian? Ini Kata Gus Baha

"Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, "Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci", (HR. Ibnu Hibban & Ibu Umar r.a)."

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Tidak hanya didampingi Malaikat selama tidur, wudhu sebelum tidur juga memiliki banyak manfaat, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan kulit dan wajah
  • Perasaan tenang dan nyaman saat tidur
  • Otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks
  • Mencegah terserang virus dan kuman berbahaya
  • Semakitln dekat dengan Allah SWT
  • Mengatasi masalah insomnia. 

Melansir tayangan di kanal YouTube Kalam Kajian Islam yang diunggah pada 8 November 2021, Gus Baha menyampaikan tentang anjuran wudhu sebelum tidur, dan efek luar biasa yang bisa dirasakan. Sangat menarik untuk disimak! 

"Tidurnya umat Rasulullah itu luar biasa, apalagi tidurnya orang berpuasa. Tidurnya tasbih, tidurnya ulama juga tasbih. Karena dengan tidur itu kita tahu alamat kematian", ujar Gus Baha. 

Baca Juga: Nasihat Gus Baha untuk Perempuan

"Kalau kamu mau tidur, wudhu dulu, baca tasbih, terus tinggalkan semua dunia. Jadi anggap saja pemanasan kematian. Itu insyaallah mimpinya sip", Gus Baha menambahkan. 

Sedangkan untuk posisi tidur menurut Rasulullah SAW, beliau menasihati agar kita berbaring miring ke sisi sebelah kanan. Sebelum memejamkan mata bacalah doa: "Allahumma aslamtu nafsii ilaika wa wajjahtu wajhii ilaika wa fawwadhtu amrii ilaika laa malja-a wa laa manjaa minka illa ilaika. Allahumma aamantu bikitaabika alladzii anzalta wabinabiyyika alladzii arsalta".

Artinya: "Ya Allah ya Tuhanku, aku serahkan diriku kepada-Mu dan aku serahkan urusanku kepada-Mu dan aku perlindungkan diriku kepada-Mu. Ya Tuhanku aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus".

Setelah membaca doa tersebut, Rasulullah SAW bersabda: "Jika engkau mati pada malam itu, engkau mati dalam fitrah. Dan jadikanlah kalimat itu akhir daripada yang engkau katakan", (HR Bukhari). 

Itulah manfaat dan efek luar biasa jika kalian wudhu sebelum tidur. Jadi jagalah wudhu kalian meskipun tidak sedang beribadah atau sholat.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar