facebook

Jangan Asal! Ini 7 Cara Membersihkan Abu Vulkanik di Dalam Rumah, Jangan Pakai Sapu!

Chyntia Sami Bhayangkara
Jangan Asal! Ini 7 Cara Membersihkan Abu Vulkanik di Dalam Rumah, Jangan Pakai Sapu!
Material abu vulkanik pascaerupsi Gunung Merapi menempel pada tumbuhan di kawasan Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (25/6/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Ternyata, cara membersihkan abu vulkanik tidak boleh sembarangan karena dapat mengancam kesehatan.

Suara.com - Erupsi Gunung Semeru pada (4/12/2021) lalu masih menyisakan tumpukan abu vulkanik yang tidak hanya berterbangan di udara, namun juga menempel di seluruh penjuru rumah. Simak cara membersihkan abu vulkanik berikut, karena ada bahaya abu vulkanik yang mengancam jika tidak dilakukan dengan tepat

Abu vulkanik yang menumpuk tentu membuat penghuni di dalam rumah merasa tidak nyaman. Apabila dibiarkan begitu saja justru akan membahayakan kesehatan. Ternyata, cara membersihkan abu vulkanik tidak boleh sembarangan.

Ada cara membersihkan abu vulkanik tersendiri agar tetap aman. Sebab, partikel abu vulkanik sangat kecil dan dapat dengan mudah terbawa angin.

Lantas, bagaimana cara membersihkan abu vulkanik di dalam rumah yang tepat?

Baca Juga: Pakar Vulkanologi UGM Ungkap Penyebab Erupsi Gunung Semeru, Akibat Curah Hujan Tinggi

1. Gunakan masker dan pelindung mata

Partikel abu vulkanik bukanlah hal yang bagus untuk masuk ke saluran pernapasan. Oleh karena itu, cara membersihkan abu vulkanik pertama adalah gunakan masker dan pelindung mata saat membersihkan abu vulkanik meskipun di dalam rumah. Apabila jumlah abu vulkanik tidak terlalu tebal, cukup gunakan masker medis biasa. Namun supaya lebih aman, coba gunakan masker tipe N95.

Abu vulkanik juga dapat mengakibatkan iritasi mata, maka gunakan pelindung mata saat membersihkannya dan melepaskan lensa kontak. Oleh karenanya, cara membersihkan abu vulkanik harus dilakukan dengan hati-hati.

2. Buka sirkulasi udara

Cara membersihkan abu vulkanik selanjutnya, pastikan untuk membuka pintu dan jendela saat sedang membersihkan abu vulkanik di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari sesak napas karena ruangan penuh abu.

Baca Juga: Korban Luka Bakar 70 Persen Akibat Erupsi Gunung Semeru Dirujuk ke Jember

3. Bersihkan perkakas secara perlahan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar