facebook

Bacaan Doa Gempa Bumi Sesuai Hadist Rasulullah SAW, Agar Diberi Perlindungan Allah SWT

Rifan Aditya
Bacaan Doa Gempa Bumi Sesuai Hadist Rasulullah SAW, Agar Diberi Perlindungan Allah SWT
Bacaan Doa Gempa Bumi sesuai Hadist Rasulullah SAW - Ilustrasi gempa bumi. (Antara/ist)

Berikut ini adalah bacaan doa gempa bumi berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang wajib untuk dipahami.

Suara.com - Seringnya gempa bumi terjadi di Indonesia membuat umat Muslim perlu memohon perlindungan terus kepada Allah SWT. Salah satunya dengan memanjatkan doa gempa bumi.

Lalu bagaimana bacaan doa gempa bumi berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang wajib dipahami umat muslim? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apalagi baru-baru ini gempa bumi yang dirasakan oleh warga Banten dan Jawa Tengah pagi ini, Senin (17/1/2022) pada pukul 07.30 WIB. Gempa bumi tersebut berada pada 84 kilometer barat daya Banten dengan kedalaman 10 kilometer. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki kekuatan sekitar magnitudo 5,4.

Sebelumnya gempa bumi juga terjadi di barat daya Banten dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang menyebabkan guncangan yang terasa terutama di gedung-gedung tinggi yang terasa hingga Jakarta dan sekitarnya. 

Baca Juga: Sudah Tahu Belum, Susunan Wirid Setelah Sholat Fardhu?

Masyarakat dianjurkan untuk waspada terhadap gempa susulan yang bisa saja terjadi. Karena itu, bagi umat muslim dapat membaca doa gempa bumi untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan doa gempa bumi berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang wajib untuk dipahami.

“Allaahumma inni asaluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a'udzubika min syarrihaa, wa syarri maa fihaa wa syarri maa arsalta bihi.”

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan." (HR An Nasa'i)

Kamu juga bisa membaca doa untuk memohon pertolongan dan perlindungan agar diselamatkan dari gempa bumi berdasarkan doa yang dibaca oleh Nabi Nuh AS saat meminta pertolongan kepada Allah SWT dari banjir besar.

Baca Juga: Gempa di Indonesia Beberapa Hari Terakhir Terjadi Dalam Waktu Berdekatan, Ini Penjelasan BMKG

“Rabbi innii 'a'uu dubika ann as alaka maa laisa lii bihi 'ilmun wa illaa tag firlii wa tar ham nii akum minal khaa siriin”

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar