facebook

Profil Ahok, Mantan Gubernur DKI yang Jadi Kandidat Terkuat Pemimpin Ibu Kota Negara Nusantara

Chyntia Sami Bhayangkara
Profil Ahok, Mantan Gubernur DKI yang Jadi Kandidat Terkuat Pemimpin Ibu Kota Negara Nusantara
Profil Ahok, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram @basukibtp)

Simak berikut profil Ahok selengkapnya yang menjadi kandidat terkuat pemimpin Ibu Kota Negara Baru, Nusantara.

Suara.com - Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masuk dalam bursa calon pemimpin ibu kota negara Nusantara. Simak berikut profil Ahok selengkapnya.

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok menjadi sorotan publik. Kabar Ahok menjadi pemimpin ibu kota negara juga sempat membuat publik gaduh. Untuk mengenal lebih jauh sosok Ahok, simak profil Ahok berikut.

Latar Belakang Ahok

Ahok yang juga populer dengan panggilan BTP ini lahir di lahir Gantung, desa Laskar Pelangi yakni Belitung Timur, pada 29 Juni 1966. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Baca Juga: Profil Abdullah Azwar Anas, Kepala LKPP yang Jadi Kandidat Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Nusantara

Orang tuanya bernama Indra Tjahja Purnama (Tjoeng Kiem Nam) dan Buniarti Ningsing (Boen Nen Tjauw).

Pada 1997, Ahok menikah dengan Veronica Tan. Pernikahannya itu, Ahok dikaruniai empat orang anak yakni Nicholas Purnama, Nathania Purnama, Daud Albeenner Purnama, dan Yosafat Abimanyu Purnama.

Setelah menikah selama lebih dari 20 tahun bersama Veronica Tan, keduanya memutuskan bercerai pada 2018. Tak berselang lama, pada tahun 2019 Ahok menikahi Puput Nastiti Devi, seorang polwan yang usianya 33 tahun lebih muda darinya.

Pendidikan Ahok

Ahok menyelesaikan pendidikan SD hingga SMP di Belitung, lalu ia hijrah ke Jakarta dan menyelesaikan pendidikan SMA di SMA III PSKD. Kemudian Ahok meneruskan pendidikan tingginya di Fakultas Teknik Universitas Trisakti jurusan Teknik Geologi dan lulus tahun 1990.

Baca Juga: Jokowi Klaim Ibu Kota Baru dengan Nama Nusantara, Keputusannya Dinyinyiri Netizen Malaysia

Setelah menyelesaikan pendidikan S1, Ahok lantas melanjutkan pendidikan S2 di STIE Prasetya Mulya dan mendapatkan gelar Master Manajemen di tahun 1994.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar